BERITA TERKINI

Dua Bule Bersihkan Sampah Sungai Citarum
10 Months, 4 Weeks ago

Dua Bule Bersihkan Sampah Sungai Citarum

Kotornya Citarum membuat dua bule tampan dari Bali ini tak tinggal diam. Mereka membersihkan sampah Citarum naik kayak dari botol plastik.

Kakak-beradik tersebut bernama Sam Bencheghib dan Gary Bencheghib. Mereka tumbuh besar di Bali.

Melihat kondisi Sungai Citarum yang menyedihkan, mereka menginisiasi gerakan bernama Make A Change World. Mereka membuat kayak dari botol-botol plastik dan membersihkan sampah di sejumlah sungai. Salah satunya adalah Sungai Citarum yang kotor.

"Kami membuat 2dua kayak dari botol plastik dengan kerangka bambu. Kemudian kami gunakan kayak tersebut untuk menyusuri sungai yang paling berpolusi di dunia, Sungai Citarum di Indonesia," ujar Sam Bencheghib, Co-Founder dari Make A Change World.



Sekitar 80 persen plastik yang tersebar di laut berasal dari daratan, begitu pula sungai. Hal inilah yang menjadi tujuan mereka, membersihkan sampai dari sungai sebelum sampah tersebut masuk ke laut.

"Sampah plastik jadi masalah utama di Indonesia. Kita harus mulai dari sungai, karena di sana kita masih bisa melihat sampah sebelum masuk ke laut," kata Gary Bencheghib, Founder dari Make A Change World.

Menurut pengakuan Sam saat bersih-bersih di Citarum sungguhlah memilukan. Dayung kayak yang ia gunakan akan tersangkut berulang kali oleh sampah kantong plastik.

"Saya mendayung kayak di samping bangkai anjing, babi, dan itu mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tapi kami lebih terkejut ketika mendapati fakta bahwa orang-orang yang tinggal di sekitar sungai dengan sedikit kesadaran tentang efek dari polusi ini," ungkap Sam.

Lebih dari 15 juta orang tinggal di sekitar Citarum. Kebanyakan dari mereka juga menggunakan aliran sungai untuk kebutuhan air sehari-hari.