BERITA TERKINI

Guru Dikritik, Beri PR Hitung 100 Juta Butir Beras
1 Week, 1 Day ago

Guru Dikritik, Beri PR Hitung 100 Juta Butir Beras

Meski para siswa dipaksa menghabiskan waktu menyelesaikan pekerjaan rumah yang melelahkan setiap malam, seorang guru matematika di kota Foshan Guangdong ini malah memicu perdebatan karena sudah keterlaluan dalam memberikan PR.

Diberitakan Straits Times, guru sekolah dasar bernama Su mengatakan kepada siswa kelas lima bahwa mereka memiliki waktu dua hari untuk menghitung 100 juta butir beras dan membawanya ke sekolah. Jika mereka tidak dapat menyelesaikan tugas ini tepat waktu, mereka harus terus menghitung butir beras selama akhir pekan.



Beberapa orang menuduh bahwa guru itu melakukan penyiksaan. Mereka mengkritik bahwa bila ada yang berhasil menghitung tiga butir beras per detik saja, tugas itu masih akan memakan waktu sekitar satu tahun. Yang lain menyimpulkan bahwa guru itu mungkin hanya mendorong siswanya untuk berpikir di luar kepala.

Guru Su mengatakan bahwa tugasnya bertujuan untuk mendorong siswanya berpikir kritis, membantu mereka belajar bagaimana menganalisis dan memecahkan masalah, serta membantu murid-murisnya memahami konsep "100 juta."

Daripada menghitung butir padi satu per satu, Su berharap muridnya akan menghitung 100 butir terlebih dahulu, dan kemudian mengalikan angka itu dengan 10 atau 100 sampai mereka mencapai 100 juta. Dia mengatakan bahwa 10 dari 40 muridnya dapat menyelesaikan tugas tersebut.