BERITA TERKINI

Melihat Dampak Bencana Melalui Restoran Wafel
1 Week, 16 Hours ago

Melihat Dampak Bencana Melalui Restoran Wafel

Untuk mengetahui level bahaya sebuah badai, badan pengamat cuaca biasanya memanfaatkan satelit atau teknologi canggih lainnya.

Federal Emergency Management Agency (FEMA) atau semacam badan penanggulangan bencana pemerintah AS, tidak perlu menggunakan teknologi canggih melainkan hanya memerlukan sebuah restoran wafel.

Pertanyaannya kenapa restoran wafel? Apa hubungan antara restoran wafel dengan badai? Restoran Waffle House dikenal karena tetap beroperasi selama terjadi bencana alam. Pejabat federal menggunakannya untuk menentukan tingkat keparahan badai, tornado, atau bahaya lainnya di area lokal.



FEMA menciptakan istilah "Indeks Rumah Waffle" untuk mengukur dampak dari bencana alam di suatu daerah. Jika Waffle House tutup atau membatasi menu setelah adanya bencana, pejabat federal menyimpulkan bahwa komunitas tersebut mendapat dampak bencana yang cukup besar.

Begini cara mereka mengkategorikan tingkat bahaya bencana berdasarkan index restoran wafel:

Waffle House buka sepanjang waktu, itu bisa dikategorikan sebagai indeks. Jika Waffle House ditutup karena ada bencana, itu buruk. Kami menyebutnya sebagai merah. Jika mereka buka tetapi menyajikan menu terbatas, itu kuning. Jika mereka beroperasi seperti biasa, itu hijau.

Sederhana namun efektif.