BERITA TERKINI

Ada Tumor di Otak, Tubuhnya Membengkak
6 Days, 22 Hours ago

Ada Tumor di Otak, Tubuhnya Membengkak

Perubahan yang terjadi pada tubuh bisa jadi adalah tanda bahaya yang serius. Seperti dialami oleh wanita asal Inggris ini, tubuhnya membengkak secara tiba-tiba di tahun 2015.

Diberitakan Metro.co.uk, Chloe Powell dari Bistol saat itu mencoba cincin yang tidak muat di jarinya. Kemudian ukuran sepatunya yang semula 6 berubah menjadi 7. Bahkan itu saja masih dirasa sempit olehnya.

"Saya menyadari tangan dan kaki saya semakin besar dan besar, tetapi itu tidak membuat masuk akal sama sekali," ujarnya kepada Metro.

Baru setahun kemudian Chloe sadar tangannya lebih besar dari kakinya. Dia pun mulai khawatir.

"Ukurannya tumbuh dan menjadi sangat bengkak," katanya.

Pada Desember 2015, Chloe meninggalkan pekerjaannya untuk berkeliling dunia, tetapi dalam beberapa minggu ia menyadari ada yang tidak beres.

"Kelelahan yang kurasakan tidak hilang bahkan ketika aku bepergian dan aku merasa kepalaku benar-benar tidak jelas," jelas Chloe.

Chloe pulang ke rumah pada bulan Februari 2016, ketika gejala-gejalanya meningkat dan dia mulai menderita sakit kepala parah. Dia pun memutuskan pergi ke dokter umum untuk melakukan tes darah dan memeriksa kadar hormonnya.



Akhirnya ada sesuatu yang tidak beres dengan darah Chloe. Dokternya mengatakan itu bisa menjadi masalah endokrin, yang berarti mengkhawatirkan sistem hormonnya.

Chloe dirujuk untuk scan MRI dan dari hasil yang didapat ada kelenjar berukuran kacang di pangkal otak yang mengendalikan fungsi sebagian besar kelenjar endokrin.

"Aku punya tumor 3,3 cm di kelenjar pituitari, menyalurkan darah beroksigen ke kepala dan leher dan saraf optikku," ujar Chloe.

Selama beberapa hari berikutnya, kesehatan Chloe memburuk dan akhirnya terpaksa dirawat di Rumah Sakit Southmead Bristol.

"Tubuhku mulai mati," katanya.

Pada 16 September 2016 Chloe dibawa ke meja operasi selama 4 jam dimana ahli bedah mengangkat tumor jinak tersebut.

"Operasinya menakutkan, tapi aku semakin parah dan, pada saat operasi, kakiku tumbuh menjadi ukuran 9," kata Chloe.

Pasca operasi, ia dipaksa untuk mengkonsumsi hingga sembilan tablet obat dalam sehari.

Namun dua tahun ini kondisi Chloe mulai membaik. Ukuran sepatuya sudah kembali normal. Dan ia berencana untuk menempuh pendidikan gelar Master.