BERITA TERKINI

Kenapa Orang Dulu Tidak Pernah Senyum Saat Difoto?
1 Week, 2 Hours ago

Kenapa Orang Dulu Tidak Pernah Senyum Saat Difoto?

Di zaman modern ini, hampir semua orang memiliki kamera. Jutaan foto diambil dan di-share setiap detiknya dengan pose senyuman.

Kalau di foto zaman sekarang banyak yang senyum, kenapa di foto-foto zaman dulu banyak yang tidak tersenyum? Padahal foto-foto itu ada yang menampilkan foto pernikahan atau foto keluarga yang pasti penuh kebahagiaan. Tapi kenapa tidak ada yang tersenyum.

Sedikit kembali ke masa lalu, fotografi mulai popular di tahun 1840. Saat itu hanya orang mampu saja yang bisa difoto dengan pergi ke studio.



Kembali ke senyum tadi, alasan utama tidak ada yang senyum adalah karena waktu exposure kamera yang begitu lama. Exposure adalah istilah dalam fotografi yang mengacu kepada banyaknya cahaya yang jatuh ke medium (film atau sensor gambar) yang akan memengaruhi seberapa terang dan gelapnya foto yang dihasilkan oleh kamera.

Subjek foto harus benar-benar diam selama kurang lebih semenit saat gambar dicetak ke atas medium. Jadinya sangat sulit untuk menahan pose senyum. Jika ada yang bergerak saat foto diambil, maka hasilnya akan nge-blur.

Alasan lain kenapa tidak senyum adalah tidak terhormat, terutama bagi pria. Lalu ada alasan seperti gigi jelek. Apapun alasannya, lebih mudah untuk tidak senyum saat difoto waktu itu.