BERITA TERKINI

Yang Terjadi Saat Makan di Antartika
1 Week, 1 Hour ago

Yang Terjadi Saat Makan di Antartika

Menikmati makanan di alam terbuka bisa menjadi sensasi atau kesenangan yang tiada tara. Namun apa jadinya bila mencoba makan di tempat ekstrim seperti Antartika?

Diberitakan Independent, para ilmuwan yang bekerja di Stasiun Concordia, salah satu tempat paling terpencil di Bumi sekitar 1.000 mil dari Kutub Selatan, harus bisa bertahan hidup di tempat ini. Bahkan bila musim dingin tiba, lokasi ini memiliki suhu mencapai -80 derajat celcius.

Dengan datangnya musim semi di kawasan ini, suhu meningkat mendekati -60 derajat celcius. Pemimpin stasiun, Dr Cyprien Verseux, dan rekan-rekannya memutuskan untuk mencoba makan di luar ruangan.



Saat membawa makanan tersebut ke luar, suhu udara yang sangat dingin itu membuat makanan menjadi beku. Peneliti lain, Carmen Possnig, memutuskan untuk mengambil gambar makanan beku itu sebagai cara untuk menjelaskan betapa dinginnnya kawasan itu.

“Temperatur sedang naik, -60C sudah terasa hangat setelah bulan-bulan musim dingin, dan kami memutuskan untuk mengambil foto yang menunjukkan dingin dengan cara yang menyenangkan sebelum kami mendapatkan suhu musim panas," tutur Dokter Cyprien.



Concordia saat ini dihuni oleh 13 orang. Lokasinya sangat terisolasi dengan manusia lain dalam jarak sekitar 370 mil.

Ini adalah tempat yang tidak ramah dan sangat kering. Di lokasi ini, matahari tidak mencapai puncaknya selama tiga bulan selama musim dingin hingga muncul kembali pada bulan Agustus.

"Concordia sangat menarik bagi para peneliti dari berbagai bidang seperti astronomi, fisiologi manusia, glasiologi, ilmu atmosfer, dan geofisika," imbuh Dokter Cyprien.



Stasiun ini digunakan oleh Badan Antariksa Eropa untuk mempelajari bagaimana manusia beradaptasi dengan kondisi yang sangat mirip dengan bulan atau planet Mars.

Mengingat semua ini, makanan adalah bagian penting dari kehidupan di stasiun, dan ada juru masak purnawaktu di antara para kru.

"Kami makan sebagian besar makanan beku. Mengingat bahwa suhu tidak pernah positif, kita hanya menyimpannya dalam wadah di luar," kata Dr Cyprien.