Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Punya Golongan Darah Langka, Bocah Ini Cari Donor ke Seluruh Dunia
1 Week, 3 Days ago

Punya Golongan Darah Langka, Bocah Ini Cari Donor ke Seluruh Dunia

Kanker dapat diderita oleh siapa saja, tanpa memandang umur seseorang. Bahkan beberapa jenis kanker mengakibatkan penderitanya untuk rutin tranfusi darah lantaran prosedur pengobatan yang cukup menyakitkan.

Namun seorang gadis cilik penderita kanker di Amerika Serikat ini kesulitan mencari pendonor darah. Bukan karena tak ada yang mau menolongnya, tapi karena golongan darahnya sangat langka.

Gadis cilik berusia dua tahun asal Florida ini diketahui menderita kanker yang membutuhkan transfusi darah. Yang lebih menyakitkan, golongan darahnya terbilang sangat langka. Ia pun membuat organisasi donor darah OneBlood melakukan pencarian hingga ke penjuru dunia.

Dilansir NBC News, OneBlood saat ini disibukkan dengan aktifitas mencari donor potensial untuk Zainab, yang sedang berjuang melawan neuroblastoma. Kanker ini termasuk langka dan berkembang dari sel saraf yang belum matang pada anak-anak.

Darah Zainab kehilangan antigen yang disebut sebagai Indian B. Bila ia menerima darah dengan antigen ini, maka tubuhnya akan langsung menolak.



"Sangat langka, jujur ini yang pertama kali saya lihat dalam 20 tahun," kata manajer laboratorium OneBlood, Frieda Bright.

Dari penelusuran OneBlood, pihaknya menyebut bahwa orang yang punya darah paling cocok untuk Zainab adalah kemungkinan keluarga yang berasal dari Pakistan, India, dan Iran. Artinya, kedua orangtua dari pendonor harus 100 persen berdarah ketiga negara tersebut.

OneBlood menyatakan, 1.000 pendonor telah diuji, namun hanya tiga yang cocok. Ini pun berasal dari AS dan satunya lagi dari Inggris.

"Ini pertama kalinya OneBlood pernah menerima donor internasional untuk pasien lokal," tulis pernyataan OneBlood.

Untk masa-masa mendatang, Zainab juga akan membutuhkan transfusi darah, sehingga idelanya ia memerlukan 7-10 pendonor dengan darah yang cocok.

"Dia harus didukung oleh donor darah agar bertahan hidup dari segala perawatan kanker," ucap Bright.