Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Informasi yang Wajib Dimasukkan ke CV
1 Year, 4 Months ago

Informasi yang Wajib Dimasukkan ke CV

Saat melamar pekerjaan, para pelamar kerap melupakan hal-hal kecil dalam CV-nya. Padahal membuat CV yang benar adalah pintu untuk mendapatkan karir yang Anda inginkan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dimasukkan dalam membuat sebuah CV:

1. Menyertakan nama lengkap, alamat tempat tinggal, dan tanggal lahir. Informasi-informasi itu dibutuhkan oleh calon bos Anda karena mereka perlu tahu usia Anda dan sejauh apa jarak dari rumah ke tempat kerja. Jangan lupa sertakan satu paragraf yang mendeskripsikan diri Anda.

2. Menyertakan akun LinkedIn, e-mail, dan nomor telepon. Jika yang dilamar adalah bidang design, sertakan pula akun media sosial seperti Instagram. Sebab calon bos Anda bakal melihat-lihat akun medsos Anda. Akan ada nilai tambah jika Anda masukkan pula website pribadi beserta pencapaian yang sudah dilakukan



3. Nomor kontak orang yang jadi referensi. Ini adalah orang yang bisa merekomendasikan Anda, misalnya bos di kantor sebelumnya.

4. Tidak perlu memasukkan daftar lengkap Anda pernah sekolah dimana. Cukup ditulis mulai dari SMA, D3/S1, S2, S3 dst.

sekolah

5. Pengalaman kerja, jabatan, nama perusahaan/PT yang jelas dan harus berurutan. Jangan lompat-lompat, misalnya di 2009 kerja di PT A, tiba-tiba di 2014 kerja di PT C, terus 2012 kerja di PT B.



Yang perlu dicatat disini adalah jika Anda bukan freelancer, tidak usah menulis banyak-banyak PT atau tempat kerja Anda sebelumnya. Sebab itu akan menimbulkan kesan pegawai kutu loncat. Keluar masuk dari perusahaan ke perusahaan lainnya dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun. Calon bos akan berasumsi Anda tidak loyal dan tidak punya komitmen.

6. Sertakan proyek-proyek yang pernah dikerjakan, yang dibanggakan, dan harus berhubungan dengan posisi yang mau dilamar. Bagaimana jika belum pernah dapat proyek atau baru lulus kuliah? Sertakan proyek-proyek yang pernah Anda lakukan saat kuliah.

7. Sertakan kemampuan teknis yang Anda kuasai. Misalnya, menguasai bahasa asing tertentu, menguasai software khusus, dsb.

Hal ini akan lebih baik jika Anda punya bukti yang mendukung. Contohnya, Anda mengaku bisa bahasa Inggris, akan lebih baik jika Anda punya sertifikat TOEFL.



Selain itu saat menulis kemampuan yang dikuasai, tidak usah menggunakan sistem rating atau bintang a'la  toko online atau ojek online. Kenapa? Mungkin saja Anda merasa mendapat rating bintang 5 dalam hal tertentu, padahal siapa tahu di mata calon atasan nanti, rating Anda sebenarnya cuma bintang 2.

rating

8. Jika Anda bukan orang desain, CV-nya tidak perlu cantik-cantik. Yang penting informatif dan rapi sebab yang dinilai adalah pengalaman, bukan desainnya..

9. Saat mengirim lamaran via e-mail, sertakan cover letter atau kalimat pembuka. Selain itu gunakan format PDF saat mengirim CV sebagai attachment.