Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

5 Kue Tradisional Paling Diburu saat Ramadan
6 Months, 2 Weeks ago

5 Kue Tradisional Paling Diburu saat Ramadan

Setiap bulan Ramadan, banyak orang mencari kuliner khas untuk berbuka puasa. Salah satunya adalah kue tradisional.

Kue tradisional dari seluruh daerah di Indonesia ini selalu sukses bikin penasaran dengan citarasanya, apalagi kalau belum pernah mencicipi. Dijamin rasa manis kue-kue itu bisa memuaskan perut usai seharian menahan lapar dan haus.

Dirangkum Okezone, berikut adalah daftar kue tradisional nan legendaris yang wajib dicicipi selama Ramadan. Apa saja?

1. Kue coro



kue coro

Di Kota Semarang ada kue coro yang legendaris. Kue ini punya cita rasa cenderung gurih ketimbang manis. Kuenya berbahan dasar tepung beras, telur dan ragi, yang hampir mirip dengan kue serabi. Kalau penasaran mencicipinya, hampir di semua pasar tradisional mudah membelinya.

2. Kue popaco

popaco

Popaco adalah salah satu kue khas asal Manado. Rasanya manis-manis. Kue tradisional ini berbahan dasar santan, gula merah, tepung beras dengan kanji, serta ditambahkan rempah kayu manis. Saat kue ini baru matang dan diangkat dari kukusan, maka wanginya akan menyeruak. Rasa manisnya dijamin nagih.



3. Pakkat

pakkat

Saat menjalani ibadah puasa di Mandailing, Tapanuli Selatan, penjual pakkat atau rotan muda yang dibakar banyak berjejer. Mengkonsumsi pakkat sudah menjadi tradisi. Pakkat bisa dipadukan dengan kue dan minuman yang disajikan sebagai takjil. Meski citarasanya cenderung pahit, menurut warga Mandailing, pakkat bisa bikin ketagihan saat dimakan.

4. Petulo



petulo

Petulo adalah makanan tradisional dari Jawa. Hidangan ini terbuat dari tepung beras, lalu disiram kuah santan gula merah. Panganan ini juga sangat laris diburu pembeli saat Ramadan. Tekstur kuenya cenderung empuk dan kenyal. Sayangnya, kue ini tergolong langka dan sulit sekali ditemui pada hari biasa. Khusus selama Ramadan, penjaja petulo banyak sekali, namun bisa berebut kalau tidak beli duluan.

5. Bingka

bingka

Dari Suku Banjar terdapat kue bingka yang ramai diburu pembeli saat Ramadan. Kue ini bahkan jadi primadona karena adanya hanya saat momen puasa saja. Kue bingka mirip seperti kue lumpur, teksturnnya empuk dan lembut, terbuat dari tepung terigu, campuran kentang, telur, santan dan gula pasir. Rasanya manis menggoda!