Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Aksi Robot Bersihkan Kaca Gedung Pencakar Langit
1 Year, 1 Month ago

Aksi Robot Bersihkan Kaca Gedung Pencakar Langit

Salah satu pekerjaan dengan resiko sangat tinggi adalah para pembersih kaca gedung pencakar langit. Melihat dari kejauhan saja bisa bikin merinding.

Di AS, para pekerja seperti ini biasanya diberi upah 27 dollar AS atau sekitar Rp 388.000 per jam. Kini salah satu pekerjaan tersulit di dunia ini mendapat bantuan dari petugas baru dalam bentuk robot.

CNN melaporkan, sebuah start-up di Israel bernama Skyline Robotics ingin mengganti peran manusia membersihkan kaca gedung tinggi dengan robot canggih. Namun robot itu masih perlu dioperasikan dengan tangan manusia.



“Kami sedang merekrut pembersih jendela. Kami memiliki banyak ahli. Tapi untuk mengoperasikan robot, kami mempekerjakan mantan petugas pembersih jendela," ujar CEO dan Pendiri Skyline, Yaron Schwarcz.

Yaron memiliki keyakinan bahwa para petugas pembersih jendela dengan pengalaman terbaik cocok untuk menjadi pengawas bagi robot-robot itu.

skyline robotics



Dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram @skyline_robotics, terlihat lengan dan sikat robot membersihkan kotoran dan debu kaca-kaca bagunan. Sementara, manusia mengawasi setiap prosesnya.

Meski terlihat mudah, namun tetap saja ada tantangan tak terduga, seperti seseorang yang tiba-tiba saja membuka jendela. Sensor penglihatan dan sentuhan membantu robot untuk merasakan bangunan untuk mengatasi tantangan itu.

“Sensor yang kami kembangkan seperti tangan manusia,” kata Schwarcz.



“Kami telah merancang hal yang sama untuk robot sehingga kami meniru tangan manusia,” ujarnya.

“Setiap rintangan yang mungkin terjadi, seperti kepala yang keluar dari jendela. Robot akan mengoreksi diri dan bergerak di sekitarnya agar tidak merusak jendela,” imbuhnya.

Tidak seperti manusia, robot memerlukan peta 3D untuk melakukan pekerjaan mereka.