Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

10 Bahan Makanan yang Lebih Mahal Dari Emas
4 Months, 3 Weeks ago

10 Bahan Makanan yang Lebih Mahal Dari Emas

Kopi luwak dijual seharga lebih dari Rp700 ribu untuk satu gelas. Tuna sirip biru seberat seperempat ton dijual dengan Rp43 milyar di pelelangan ikan Tokyo. Bahan-bahan makanan ini hanya sebagian kecil dari deretan bahan makanan yang paling mahal di planet ini, yang harganya bisa melebihi harga emas. Sebagai perbandingan, harga emas saat ini adalah $1.409 per pon.

Jamur: Cordyceps ($10.000 per Pon)
Dijuluki sebagai makanan super, cordyceps adalah campuran dari jamur obat dan ulat yang hanya tumbuh pada ketinggian di atas 14.000 kaki di Himalaya dan Dataran Tinggi Tibet. Dianggap sebagai jamur termahal di dunia, cordyceps dapat berharga lebih dari $10.000 per pon dan bahkan memiliki pelelangan khusus mereka sendiri.

jamur

Keju: Pule ($1.700 per Pon)
Susu keledai konon mengandung 60 kali lebih banyak vitamin C daripada susu sapi dan menawarkan sifat anti-alergi. Karena keledai hanya memproduksi sekitar 1,5-2 liter susu per hari (dibandingkan dengan hampir 60 liter dari satu sapi), dan harus diperah tanpa mesin tiga kali sehari, dibutuhkan hampir 11 liter susu untuk menghasilkan satu pon keju.



Di Zasavica, cagar alam khusus di utara Beograd, di mana pule (bahasa Serbia untuk anak kuda) dibuat dari susu 120 keledai. Karena tidak diproduksi secara komersial, Anda harus melakukan perjalanan ke Serbia jika ingin mencoba.

Cuka Balsamic: Balsamic Vinegar of Modena ($700 untuk 100 ml)
Modena, kota Italia yang diasosiasikan dengan pabrik Ferrari, adalah rumah bagi bumbu yang diidamkan Aceto Balsamico. Salah satu botol yang paling mahal — dan paling langka —adalah cuka balsamic berusia 100 tahun milik Giuseppe Giusti, yang disimpan dalam tong kayu ceri dan disuling dengan sempurna berkat tradisi keluarga yang diturunkan dari 17 generasi.

cuka

Kaviar: Kaviar Albino (Lebih dari $3.000 per Pon)
Dijuluki "mutiara putih," jenis kaviar ini adalah salah satu yang paling berharga di pasar (mayoritas kaviar berwarna hitam), dipanen dari ikan langka, sturgeon albino air tawar yang dibudidayakan di Eropa utara. Kaviar berukuran sedang menawarkan rasa dan warna yang kaya dan lembut.

kaviar



Truffle: Truffle Alba Putih (hingga $45.000 per pon)
Dianggap sebagai truffle yang paling berharga (dan paling mahal), "berlian Alba" adalah truffle putih yang ditemukan di wilayah Piedmont Italia. Lelang diadakan setiap bulan November selama Pameran Alba White Truffle Internasional.

truffle

Sayuran: La Bonnotte Potato (Lebih dari $300 per Pon)
Pada tahun 1920-an, seorang petani memperkenalkan jenis kentang baru ke pulau Noirmoutier, yang terletak di lepas pantai Prancis, yang tumbuh subur di tanah berpasir. Dikenal sebagai La Bonnotte, kentang yang berharga ditanam di Candlemas pada bulan Februari dan dipanen 90 hari kemudian, ketika mereka mencapai ukuran ibu jari. Hanya 5% (sekitar 1.300 hektar) pulau yang didedikasikan untuk menumbuhkan kentang termahal di dunia, yang dipilih sendiri selama tujuh hari pada bulan Mei.

Rempah: Saffron (Hingga $10.000 per Pon)
Karena hanya putiknya saja yang dipanen, satu pon rempah membutuhkan sekitar 75.000 bunga, yang mekar beberapa minggu dalam setahun. Digunakan untuk parfum hingga ramuan medis, saffron pertama kali dibudidayakan di Yunani, tetapi sekarang 90% ditanam di Iran.

safron



Ham: Acorn Iberian Ham ($4.600)
Orang Spanyol mengonsumsi 160.000 ton ham per tahun, tetapi salah satu yang paling dihormati adalah jamón ibérico de bellota. Ham Iberia yang diproduksi dari babi yang memakan bellota, atau biji yang jatuh dari pohon oak yang tumbuh di Spanyol tengah dan selatan selama periode dua bulan di musim gugur dan musim dingin. Ham bersertifikasi organik dari Dehesa Maladúa dijual dengan harga lebih dari $4.600 per kaki.

ham

Kopi: Kopi Geisha ($803 per Pon)
Ditemukan di Ethiopia pada 1930-an, biji Geisha kemudian ditanam di Panama. Pada 2004 pertanian Hacienda La Esmeralda memenangkan lelang kopi hijau "Best of Panama", dengan harga $601 per pon. Kopi Geisha memecahkan rekor harga tertinggi yang pernah dibayarkan di lelang pada tahun berikutnya ketika kopi Lamastus Family Estates dijual seharga $803 per pon — menjadikan Geisha yang termahal kedua setelah kopi luwak.

Sarang Burung Walet (Hingga $5.000 per Pon)
Burung walet kecil menggunakan air liurnya yang kaya protein sebagai lem alami untuk menyatukan sarang yang dapat dimakan, biasanya disajikan dalam bentuk sup dalam pengobatan tradisional Cina untuk meningkatkan kekebalan dan meningkatkan warna kulit.

Sarang burung dengan kualitas terbaik adalah yang paling murni — yang berarti 90% dapat dimakandan membutuhkan lebih sedikit pemrosesan dan pembersihan. Dijuluki "Caviar of the East," sarang yang dapat dimakan dapat menjaring hingga $5.000 per pon (atau $ 50 untuk satu mangkuk sup).