Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Siswi SMP Belajar Sambil Jualan Bakpao di Pom Bensin
4 Months, 2 Weeks ago

Siswi SMP Belajar Sambil Jualan Bakpao di Pom Bensin

Murid SMP ini mendapat perhatian lantaran belajar sembari berjualan bakpao di pom bensin. Adapun lokasi pom bensin berada di sebelah Perumahan Ubud, Tangerang.

Dilansir Kompas.com, nama gadis ini adalah Dewi Febriyanti. Ia tinggal di rumah kontrakan di Jalan Kampung Poncol, Ciledug Indah 2, bersama nenek angkatnya.

Diketahui usaha bakpao ini adalah milik neneknya. Dewi memilih berjualan di pom bensin karena tempatnya yang lebih dekat dari rumah nenek dibandingkan rumah orangtuanya.



Remaja berusia 13 tahun ini setiap hari bekerja untuk membantu keuangan keluarga. Dari pukul 07.00 hingga 14.00, Dewi belajar di sekolah. Setelah pulang ke rumah, ia kemudian membungkus bakpao dan memasukkannya ke dalam boks, dan pergi berjualan.

Dewi berjualan mulai pukul 16.00 hingga tengah malam. Bila ada PR, ia pun akan mengerjakannya sembari berjualan. Setiap hari, ada 10 boks bakpao yang harus dijajakkan dengan isi masing-masing boks 15 bakpao.

“Untuk bantu-bantu. Kan tinggal sama nenek, ini usaha nenek aku jualin. Enggak capek kok, sudah biasa,“ ujarnya.



jual bakpao pom bensin

Dewi mengaku tak ambil untung dari jualannya. Semua hasil jualan diberikan kepada nenek untuk digunakan sebagai keperluan sehari-hari.

“Hasilnya Rp375.000 sehari. Kalau banyak yang kasih tips bisa lebih,“ kata Dewi.



Dewi sendiri adalah anak pertama. Ia mengaku memiliki beban untuk membantu adik-adiknya agar bisa sama-sama sekolah dan belajar.

“Adikku yang kedua perempuan tinggal di kampung. Sisanya laki-laki. (Adik) yang kelima sudah diangkat orang sebagai pancingan biar mereka punya anak,“ katanya.

Sepengetahuannya, ia dan keluarga belum pernah mendapatkan bantuan langsung dari pemerintah. Paling hanya santunan dari masjid di sekitar tempat ia tinggal. Ia akan dengan senang hati jika keluarganya bisa menerima bantuan karena rumah orangtua kandung terancam digusur.

Dewi berharap saat besar nanti ia bisa menjadi penyanyi dan membuat bahagia kedua orangtua.