Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Layanan NexMedia Gulung Tikar
3 Months, 2 Weeks ago

Layanan NexMedia Gulung Tikar

Satu lagi layanan TV berlangganan yang gulung tikar. NexMedia akan mengakhiri layanan mereka pada 31 Agustus 2019.

NexMedia merupakan anak usaha PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) dengan nama PT Mediatama Anugerah Citra. Perusahaan dengan tagline "Simply Entertaining" ini didirikan oleh Dian Khrisna Mukti, dan kali pertama mengudara pada tanggal 23 November 2011. Program yang disajikan antara lain film, olahraga, hiburan, pendidikan, anak-anak dan berita.



Menanggapi berhentinya NexMedia, Ketua Bidang Penyiaran Masyarakat Telematika Indonesia, Hardijanto Saroso, menilai secara umum industri TV berbayar di Indonesia memang sedang dalam tekanan karena pelaku usaha kesulitan dalam menyeimbangkan antara pendapatan dengan biaya operasional.



Menurut perhitungannya, sebuah perusahaan TV berbayar baru dapat bertahan jika memiliki jumlah pelanggan mencapai 500.000 – 750.000 pelanggan dengan rata-rata pembayaran sebesar Rp200.000 per bulan.



Selain itu kebiasaan orang Indonesia yang lebih suka menonton program lokal juga membuat bisnis TV berbayar kurang diminati. Penyebab lainnya lagi adalah karena ketidakmampuan TV berbayar bersaing dengan layanan streaming Internet seperti Netflix dan YouTube.