Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Mengenal Istilah 4K di Televisi
3 Months, 2 Weeks ago

Mengenal Istilah 4K di Televisi

Di toko elektronik, Anda mungkin telah melihat ada penjualan televisi 4K. Banyak yang masih bingung dengan istilah 4K. Kami akan menjelaskan kepada Anda secara sederhana.

Apa Arti "4K"?
Di opsi YouTube ada istilah yang terkait dengan kualitas video dengan ditunjukkan angka yang diakhiri dengan "p," seperti 360p atau 720p. Ini mewakili jumlah piksel dalam video. Video 360p akan memiliki 480 × 360 piksel di dalamnya, sementara video 1080p memiliki resolusi 1920x1080 piksel.

Resolusi jadi hal penting karena resolusi yang lebih tinggi memiliki lebih banyak ruang untuk detail gambar yang lebih halus.



Bayangkan Anda sedang membuat mosaik sebuah lukisan pemandangan. Jika Anda membuat mosaik itu dalam jumlah kotak 48 × 36, Anda akan kehilangan banyak kualitas gambar dan segalanya akan terlihat lebih kotak-kotak. Tapi jika Anda meningkatkan jumlah kotaknya ke 192 × 108, Anda akan dapat memuat lebih banyak detail, dan dengan demikian gambar akhir akan terlihat lebih baik.

Jadi, jika 360p memiliki 360 piksel horizontal, dan 1080p memiliki 1080 piksel horizonal, itu berarti 4K memiliki 4.000 piksel, bukan? Sayangnya, tidak semudah itu. Grup Digital Cinema Initiatives menetapkan resolusi 4K sebagai 4096 × 2160. TV (bukan 4K) yang umumnya dijual saat ini cenderung memiliki resolusi 3840 x 2160.

4k



Haruskah Saya Beli Televisi 4K?
Televisi 4K adalah yang terbaik ketika digunakan untuk menonton konten yang memiliki resolusi 4K. Tapi jangan khawatir, Anda dapat menggunakan televisi 4K untuk menonton konten dengan resolusi 1080p dan lebih rendah. Namun hal ini sama seperti membeli kasur ukuran King Size/No.1 tapi seprainya ukuran No.3. Masih bisa dipakai, tapi gambarnya harus ditarik (stretch) untuk menyesuaikan dengan resolusi 4k.

Untungnya, layanan streaming populer seperti Netflix sudah mendukung resolusi video 4K, yang berarti Anda akan mendapatkan kualitas terbaik dengan televisi 4K.

netflix



Apakah 4K Diperlukan untuk Masa Depan?
Untungnya, 4K bukanlah sebuah peralihan besar. Jika belum punya televisi 4K, santai saja. TV Anda yang saat ini masih baik-baik saja untuk digunakan.

Namun, Anda akan menemukan bahwa konten 4K akan lebih mudah tersedia seiring berjalannya waktu. Selain itu, 4K televisi akan turun harganya. Karena itu, meskipun televisi Anda masih bisa digunakan, ada baiknya mulai menabung untuk beli televisi 4K.

Meskipun 4K bukan merupakan upgrade wajib, ini akan memberikan kualitas gambar yang lebih baik untuk film dan game. Pastikan konten yang Anda tonton kompatibel dengan 4K, jika tidak Anda akan melihat semuanya terlihat sedikit melebar!