Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Xiaomi Patenkan Desain Ponsel Tenaga Surya
1 Month, 2 Weeks ago

Xiaomi Patenkan Desain Ponsel Tenaga Surya

Dengan hanya dua musim dan matahari bersinar 365 hari dalam setahun, kita di Indonesia seharusnya punya produk ponsel yang bisa dicas menggunakan tenaga surya.

Kabar gembira datang dari Xiaomi berkat paten yang baru mereka ajukan untuk smartphone bertenaga surya.



LetsGoDigital menemukan sebuah paten yang diajukan Xiaomi ke World Intellectual Property Office. Paten ini berisi desain sebuah ponsel standar yang di bagian belakangnya terdapat jelas lembaran panel surya seperti yang biasa dipakai di panel surya pada umumnya hanya berukuran jauh lebih kecil.

paten



Dilihat dari desainnya, ponsel Xiaomi ukurannya diperkirakan tidak akan lebih tebal dari smartphone Anda pada umumnya.

Meskipun tidak ada detail tambahan untuk paten ini, panel surya tampaknya cukup jelas dimaksudkan sebagai sarana untuk mengisi ulang baterai ponsel. Hanya dengan membalikkan telepon ke arah sinar matahari untuk mendapatkan tambahan daya tentu akan menjadi alternatif yang lebih elegan ketimbang membawa powerbank atau kabel charger yang ribet.



Sementara desain Xiaomi akan menjadi sorotan penting saat ini, namun ini bukan pertama kalinya pemanfaatan energi matahari diintegrasikan ke dalam ponsel. Samsung Guru E1107 Crest Solar menggunakan desain yang sama (meskipun untuk ponsel yang jauh lebih haus daya) dan LG dengan GD510 pada tahun 2010.

Tentu saja, ini hanya paten dan harus diperlakukan seperti itu. Tidak ada jaminan paten ini akan diwujudkan menjadi produk yang dijual di pasaran.

Dengan kemajuan dalam teknologi surya dan smartphone, apakah ponsel tenaga surya Xiaomi akan bersinar terang atau dibiarkan dalam bayang-bayang? Kita tunggu saja.