Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

6 Jurus Menghasilkan Foto Kece di Instagram
3 Months, 1 Week ago

6 Jurus Menghasilkan Foto Kece di Instagram

Ada banyak cara untuk menambah pengikut Instagram. Tetapi Instagram pada dasarnya adalah situs berbagi foto, jadi langkah pertama untuk menemukan kesuksesan di Instagram adalah mengambil foto yang bagus.

Berikut adalah enam langkah untuk membuat galeri Instagram yang menarik dan berkualitas profesional.

1. Gunakan Cahaya Alami
Tidak bijaksana untuk terlalu mengandalkan fitur flash dari ponsel. Meskipun blitz dapat dengan terang menerangi subjek, gambar yang dihasilkan tampak terlalu cerah untuk menyenangkan secara estetika. Sebagai gantinya, cobalah memanfaatkan cahaya alami sebanyak mungkin.

Tapi ingat, menggunakan sinar matahari secara penuh juga menciptakan masalah yang sama seperti blitz, terlalu banyak kecerahan pada foto yang diambil.



Sebaliknya, cobalah untuk memantulkan sinar matahari dari permukaan lain, seperti panel lembaran emas atau perak, dan gunakan cahaya yang dipantulkan untuk menerangi objek.

cahaya

Jika Anda memotret di luar, cobalah untuk memilih waktu ketika matahari terbit atau terbenam. Ini disebut sebagai "Jam Emas," waktu yang ideal untuk menggunakan sinar matahari alami langsung untuk mengambil foto.

2. Ikuti Aturan ″Tiga″
Ini adalah aturan yang sering diikuti oleh fotografer profesional. Bingkai kamera dibagi menjadi sembilan segmen yang sama. Ini menciptakan dua garis horizontal dan dua garis vertikal di seluruh bingkai. Subjek utama dari gambar harus ditempatkan di sepanjang garis-garis ini alih-alih di tengah untuk membuat bidikan yang lebih menarik.

tiga



Aturan tiga memungkinkan Anda untuk membagi gambar menjadi dua area, area dominan, yang merupakan tempat subjek utama muncul, dan area bawahan yang merupakan latar belakang subjek yang mengatur suasana hati dan nada gambar.

Meskipun aturan pertiga bukanlah aturan baku, Anda dapat berlatih menerapkannya pada foto Anda dan menilai apakah itu menciptakan bidikan yang lebih menarik.

3. Gunakan Posisi Bidik yang Tidak Terduga
Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana setiap orang selfie selalu mengambil sudut pandang yang sama? Kamera dipegang sedikit di atas panjang bahu, kepala diangkat ke atas untuk menatap pusat lensa kamera, dan wajah orang-orang yang berada di selfie dihaluskan sedekat mungkin.

Ini adalah contoh paling umum dari sudut foto yang membosankan dan banyak digunakan. Untuk membuat foto Anda menonjol, pilihlah untuk mengambil foto dari sudut yang tidak umum. Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat bahkan objek tampak lebih menarik.

angle



4. Hindari Zoom terlalu Banyak
Fitur zoom adalah fitur kamera smartphone yang paling sering disalahgunakan. Ini menciptakan foto di mana wajah subjek mengambil seluruh foto, membuat latar belakang foto berantakan. Hindari memperbesar terlalu banyak, dan biarkan subjek Anda menjadi bagian dari latar belakang untuk membuat bidikan yang lebih menarik.

5. Manfaatkan Latar Belakang dengan Baik
Anda juga dapat menggunakan latar belakang untuk menambahkan kedalaman pada foto dua dimensi yang rata. Objek latar belakang dapat menambahkan rasa perspektif dan ukuran relatif ke foto sambil menambahkan pola ke latar belakang. Seperti bidang tanaman melambai, jalan berliku atau gedung pencakar langit yang menjulang, menambah kedinamisan pada hasil jepretan.

bg

6. Jangan Keseringan Pakai Satu Filter
Kemungkinan Anda memiliki filter kamera tertentu atau serangkaian filter yang digunakan berulang kali di semua foto Anda. Akibatnya semua foto Anda bisa mulai terlihat sama. Yang benar adalah, setiap filter dirancang agar sesuai untuk jenis fotografi tertentu.

Luangkan waktu untuk membaca berbagai jenis filter dan penggunaannya, atau Anda dapat memahami cara menggunakannya melalui coba-coba.