Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Barang yang Sebaiknya Tidak Dibeli Bekasnya
2 Months, 3 Weeks ago

Barang yang Sebaiknya Tidak Dibeli Bekasnya

Beli barang bekas sah-sah saja jika tidak punya dana yang cukup untuk membeli yang baru. Motor bekas, baju bekas, komputer bekas, dsb. Tapi ada lima benda yang sebaiknya tidak Anda beli bekas.

Kasur
Jika kasur yang dijual bekas umurnya lebih dari lima tahun, jangan dibeli. Selain sudah sering dipakai, kemungkinan ada kutunya.



Tapi jika masih terbilang baru, ya bolehlah. Tetap bersihkan untuk menghindari kotoran dari pemilik sebelumnya.

Helm
Anda sebaiknya tidak membeli helm bekas adalah karena bantalan busanya akan rusak seiring waktu. Helm yang baru berumur beberapa tahun mungkin tidak cukup tahan lama untuk melindungi kepala. Plus, helm yang pernah dipakai saat kecelakaan juga jangan dibeli. Kecuali Anda dapat menjamin bahwa helm bekas itu masih terbilang baru, tidak pernah kecelakaan, tinggalkan saja dan beli baru.

Kursi mobil untuk bayi
Kecuali jika Anda mengenal penjualnya dengan baik, jangan beli. Aturan keselamatan pada barang-barang ini sering berubah. Jika kursi mobil pernah mengalami kecelakaan, itu harus pensiun. Tidak ada gunanya mengambil risiko demi keselamatan si kecil Anda.



Pengolah dan blender makanan
Apakah Anda membongkar semua komponen peralatan rumah tangga Anda setelah setiap kali digunakan untuk pembersihan menyeluruh? Pasti hampir tidak pernah kan?

Jika beli bekas, maka kemungkinan memiliki sedikit makanan lama yang tersangkut di celah-celahnya. Itu jelas menjijikkan.

Pakaian dalam
Kalau yang ini sih sudah jelas banget. Mereka sudah pernah menyentuh area vital orang lain. Biarpun sudah dicuci bersih, tetap saja menjijikkan.



Bagaimana dengan pakaian renang? Masih boleh saja sebab kemungkinan hanya dipakai beberapa kali. Sifat pakaian renang yang tidak dipakai sehari-hari menjadikannya lebih dapat diterima.

Jika Anda beli pakaian renang bekas, pastikan masih elastis dan warnanya tidak pudar. Cuci dengan mesin, masukkan sedikit cuka jika ada bau kaporit yang tersisa.

Kosmetik
Kosmetik cenderung menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi bakteri, jadi sebaiknya jangan menguji keberuntungan Anda dengan menggunakan palet eyeshadow yang sudah digunakan orang lain.