Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Mau Jadi Gamer Youtube? Miliki Perangkat yang Tepat
1 Month, 2 Weeks ago

Mau Jadi Gamer Youtube? Miliki Perangkat yang Tepat

Saluran seperti YouTube dan Twitch adalah salah satu tujuan populer bagi gamer untuk menonton gamer lain bermain. Streamer gaming papan atas bermain game tidak hanya untuk menyenangkan penggemar mereka, tetapi juga untuk menghasilkan uang.

Untuk mulai memproduksi konten berkualitas, Anda harus berinvestasi dalam beberapa peralatan yang diperlukan.

Akses ke platform game
Untuk memulai saluran gaming YouTube, Anda perlu memainkan game yang diinginkan. Anda juga membutuhkan platform game, seperti komputer atau konsol (Xbox, PlayStation, Nintendo, dll.).

Jika Anda menggunakan komputer untuk bermain game, Anda mungkin hanya membutuhkan perangkat lunak tambahan. Sedangkan jika Anda bermain di konsol, Anda mungkin memerlukan perangkat lunak dan perangkat keras tambahan.



Perekam Video
Anda membutuhkan kamera video. Tidak harus kamera DLSR atau kamera mirrorless. Cukup pilih perangkat yang dapat merekam dalam resolusi 1080p. Dengan menunjukkan wajah Anda ke pemirsa saat Anda bermain game membantu menyampaikan emosi dan ekspresi.

Software screen capture
Anda juga akan memerlukan perangkat lunak (software) screen capture untuk menunjukkan permainan yang Anda mainkan. Anda sebaiknya menghindari mengarahkan kamera ke TV atau monitor Anda saat bermain, karena kualitas videonya akan jauh lebih buruk dan ada lag antara visual dan audio.

Jika Anda bermain game di komputer, yang perlu Anda lakukan hanyalah menginstal perangkat lunak untuk menangkap gameplay Anda. Open Broadcaster Software (OBS)adalah opsi yang populer di kalangan gamer YouTube, dan gratis.

obs

Jika Anda bermain di konsol, Anda mungkin perlu membeli capture card yang kompatibel dengan konsol Anda. Capture card memungkinkan gamer untuk menangkap sinyal video dari konsol mereka melalui HDMI dan menyimpan data sehingga dapat diedit dengan komputer. Ini memastikan perekaman berkualitas tinggi, yang tidak akan Anda dapatkan dengan mengarahkan kamera langsung ke TV Anda.



capture

Alat perekam audio
Suara yang jernih juga sangat penting untuk memastikan pemirsa Anda dapat mendengar Anda. Berinvestasi dalam mikrofon berkualitas, baik itu headset gaming atau mikrofon rekaman profesional adalah suatu keharusan jika Anda berencana untuk berkomentar saat bermain.

Pencahayaan
Pencahayaan yang baik dapat membuat perbedaan antara rekaman amatir dan profesional. Merekam dalam ruang dengan cahaya alami atau menggunakan cahaya yang diarahkan ke Anda akan mencegah Anda berada dalam bayangan.

Pencahayaan yang baik juga dapat membuat Anda mudah didekati dan ramah di kamera. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk mengontrol konsistensi video Anda dari waktu ke waktu.

Software edit video
Jika videonya penuh dengan "aahhhh", "mmmmm", dan jeda lama, orang akan bosan atau jengkel, terutama untuk video rekaman. Anda ingin mengedit video Anda sebelum di-upload.



Secara umum, gamer YouTube mengatakan butuh waktu hampir dua kali lebih lama untuk mengedit video daripada merekamnya. Namun, rasio perekaman dan pengeditan ini bervariasi berdasarkan pada kategori video game YouTube yang Anda produksi.

Dengan mengingat hal itu, penting untuk menemukan editor intuitif yang mudah digunakan sehingga Anda dapat fokus pada konten itu sendiri.

Layar hijau
Menggunakan layar hijau sama sekali bukan keharusan untuk streaming video game, tetapi itu bisa bermanfaat dan menyenangkan. Bukan hal yang aneh bagi gamer YouTube untuk merekam langsung dari kamar tidur mereka.

Alih-alih memamerkan tempat tidur dan lemari Anda, layar hijau akan memungkinkan Anda mengubah latar belakang video sehingga Anda seperti muncul di tempat lain.


green