Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Tips Menulis Artikel Agar Lebih Menonjol Dari yang Lain
1 Month, 2 Weeks ago

Tips Menulis Artikel Agar Lebih Menonjol Dari yang Lain

Semua orang bisa menulis artikel, tapi menulis sebuah artikel yang enak untuk dibaca, belum tentu semua bisa. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membedakan tulisan Anda dari tulisan lain yang sejenis.

1. Fokus
Siapa pun dapat menjadi penulis travel/kuliner. Tetapi hanya karena Anda bisa bepergian dan bisa menulis bukan berarti Anda melakukannya dengan baik ... belum. Sebuah artikel traveling yang baik, membuat cerita tentang tempatnya, bukan tentang penulisnya.

2. Pendekatan penulisan
Menulis artikel traveling bukan tentang apa yang Anda lakukan atau siapa yang Anda temui. Ini tentang lokasi yang Anda kunjungi dan membantu pembaca membayangkan diri mereka di sana.

Rata-rata blog travel mengikuti skema yang mirip dengan ini:

“Hari ini, saya berjalan keliling Bandung. Sangat indah di sini. Saya makan beberapa makanan yang lezat, dan bertemu dengan penduduk setempat yang ramah. Bandung memang luar biasa!”

Boooorrriiiiing....Tidak ada yang peduli dengan Anda. Pembaca akan lebih suka jika Anda menceritakan tempatnya. Jadi, saat menulis artikel travelling, pikirkan:
- Apa yang membuat lokasi ini istimewa?
- Perbedaan budaya apa yang Anda perhatikan?
- Apa saran praktis yang dapat Anda sertakan untuk membantu orang yang ingin ke sana?
- Ganti "aku" dan "kami" dari narasi dan memasukkan lebih banyak "Anda"



3. Ceritakan kisah unik
Sebagian besar tips perjalanan telah dibagikan ribuan kali lipat. Kisah unik Anda yang berkesan akan membedakan Anda.

Anda dapat menggunakan cerita Anda sebagai latar belakang untuk terhubung dengan pembaca. Mereka akan melihat diri mereka dalam cerita Anda karena mereka memiliki perasaan yang sama.

4. Bangun keahlian terlebih dahulu
Banyak orang membuat kesalahan dengan menulis artikel travelling sebelum mereka bepergian. Jangan lakukan ini. Bepergian saja dulu; tulis tentang itu nanti. Tidak masalah kapan cerita itu terjadi, yang penting bukan kisah fiktif.

5. Menulis di tempat lain
Jika Anda ingin menumbuhkan pembaca Anda, coba menulis untuk pihak lain. Praktik ini memberi Anda pembaca yang jauh lebih luas daripada hanya fokus pada situs web terkait travelling.

oomph

Makanya, kami dari Oomph ingin mengangkat berita yang berkaitan dengan tempat wisata atau tempat yang ramai dikunjungi, dan makanan lokal yang ada di daerah luar Jakarta.



Oleh karena itu kami membutuhkan penulis konten freelance yang ada di: Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.

Tiap artikel yang disetujui dan dipublikasikan, akan diberikan fee Rp20.000 per artikel dan kesempatan untuk dibaca oleh jutaan orang.

Mekanisme & persyaratan:

1. Artikel berupa ulasan atau cerita tentang tempat wisata dan kuliner yang ada di daerah sekitar Anda. Jika kebetulan sedang travel keluar kota, juga bisa membahas wisata/kuliner yang ada di kota tersebut.

2. Isi artikel HARUS merupakan pengalaman pribadi/yang dijalani langsung oleh penulis. Belum pernah dipublikasikan dimanapun, termasuk blog pribadi. Tidak copas atau ditulis ulang dari artikel lain. Kami berhak menolak artikel yang tidak sesuai dengan persyaratan yang diminta.

3. Kami TIDAK ingin artikel yang berisi kumpulan atau daftar, misalnya seperti ini:
″7 Tempat Makan Murah di Cirebon″
″5 Spot Instagramable di Klaten″
″Kumpulan Wisata Seru di Cilacap″
“Daftar Makanan yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Semarang”



Artikel yang kami inginkan, misalnya:
“Pecel Mbok Iyem Jam 10 Pagi Sudah Habis, Apa Rahasianya?″
″Bule-bule Suka Banget Menginap di Homestay Pak Gembul.″
″Dengan Uang 8 Ribu, Bisa Makan Kenyang di Kantin Gusti″
“Menginap Di Losmen Pelangi Dijamin Tidurnya Nyenyak”
“Main Bareng Anak Hiu di Pantai Nusa Dua”

4. Bahan artikel bebas dipilih sendiri oleh penulis, dengan syarat harus ada nilai menariknya. Tidak harus tempat mahal, di luar kota, atau tempat yang lagi viral. Warung nasi di RT sebelah pun boleh dijadikan artikel seandainya ada sesuatu yang menarik dari warung itu.

5. Sertakan dua foto untuk masing-masing artikel. Bukan diambil dari Google. Harus hasil jepretan sendiri. Boleh menggunakan smartphone atau kamera poket. Foto format JPG berukuran minimal 820x600 pixel. Foto jangan disisipkan ke artikel.

6. Artikel minimal 500 kata dengan gaya bahasa semi formal. Artikel dikirim dalam format RTF ke redaksi@oomph.co.id.

7. Pembayaran diberikan hanya untuk artikel yang di-approve/publish. Contoh: Jika Anda mengirim 10 artikel, tapi hanya 8 yang di-publish, Anda akan menerima pembayaran untuk 8 artikel. Sertakan nama, nomor rekening dan nama bank, serta nomor WA/e-mail yang bisa dihubungi.

8. Kirim sebanyak mungkin yang Anda bisa