Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Beasiswa PB Djarum Dihentikan Karena Protes KPAI
1 Month, 1 Week ago

Beasiswa PB Djarum Dihentikan Karena Protes KPAI

PB Djarum memutuskan tak akan ada audisi umum beasiswa bulu tangkis PB Djarum pada 2020.



“Tahun ini merupakan tahun perpisahan dari kami. Tahun depan event audisi ditiadakan,” kata Direktur Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, Sabtu (7/9).

Namun belum diketahui apakah keputusan ini hanya sementara atau seterusnya. Keputusan ini diambil PB Djarum karena tudingan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang menyebut PB Djarum memanfaatkan anak-anak untuk mempromosikan merek Djarum yang identik dengan rokok.



Pihak Djarum memberi solusi dengan meniadakan nama Djarum pada jersey dan nama event bulu tangkis. Namun, solusi itu tidak diterima oleh KPAI.

Apa tanggapan dari KPAI? Komisioner KPAI, Sitti Hikmawaty, mengatakan KPAI tak melarang proses audisi yang diselenggarakan Djarum Foundation melalui PB Djarum.



“Perlu ditegaskan rekrutmen ini dalam bentuk audisi tidak kami larang. Yang dilarang adalah bentuk eksploitasi terselubungnya,” kata Sitti seperti yang dikutip dari Kompas.com, Minggu (8/9).

Kabar ini membuat kaget para orangtua atlet bulutangkis. Padahal mereka sangat berharap, lewat beasiswa anak-anak mereka bisa menemukan harapan dan masa depan lewat bulutangkis.