Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Ibu Super, Asuh Bayi Sambil Narik Angkot
2 Months, 2 Days ago

Ibu Super, Asuh Bayi Sambil Narik Angkot

Kasih ibu sepanjang masa. Begitulah ungkapan yang pas bagi ibu satu ini. Dua pekerjaan berat dilakukan bebarengan, narik angkot sambil ngasuh bayi.

Dirangkum Tribunnews, ibu ini bernama Nuryanti HR. Ia berjuang sendirian menyambung hidup demi menafkahi sang anak yang masih bayi.

Wanita asal Bandung, Jawa Barat ini sehari-hari bekerja sebagai sopir angkot. Selama narik, ia ikut serta membawa sang buah hati yang masih berusia tiga bulan. Sejak tahun 2006 profesi sebagai sopir angkot ini dilakukan.



Sebagai orang tua tunggal, ia merasa bertanggung jawab membesarkan ketiga buah hatinya. Meski penghasilan sebagai seorang supir angkot tak menentu, toh ia tetap semangat mengerjakannya.

Mulai pukul 4.30 WIB, saat hari masih gelap, Yanti sudah bersiap dengan kendaraannya. Menembus dinginnya udara pagi menyusuri jalur Ciwastra-Cicaheum. Menjelang adzan Isya, ia baru pulang ke rumah.

emak sopir angkot



Angkot yang dibawa Yanti dibuat nyaman agar bayinya yang bernama Adryan merasa tenang. Kaca mobil bagian depan ditutup stiker hitam supaya cahaya matahari tidak langsung mengenai si kecil. Yanti pun kerap meracik susu di dalam botol seorang diri sambil menjalankan angkot.

Tak jarang, ia mendapat tawaran dari penumpang wanita yang menawarkan diri menggendong buah hatinya saat menangis.

“Ada penumpang yang menawarkan diri untuk menggendong Adryan kalau menangis. Saya izinkan saya, tentu saya tanya dulu, keberatan atau tidak,” katanya.



Meski dirasa berat, tapi tak ada jalan lain bagi Yanti untuk menyambung hidupnya.

“Saya itu terkadang sering menangis kalau melihat kondisi ini. Bukan karena cengeng ya, tapi ya begini lah. Hidup di jalanan itu keras. Saya sudah mulai lelah, jika ada modal untuk usaha, saya lebih memilih untuk berjualan saja, tapi hingga saat ini modal belum ada, kebutuhan si adek (anaknya) juga banyak," ujar Yanti.

Peran sebagai seorang ibu sekaligus ayah, telah ia jalankan dalam satu waktu secara bersamaan.