Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

(Breaking News) Massa Pendukung Revisi UU KPK Ricuh
2 Months, 1 Week ago

(Breaking News) Massa Pendukung Revisi UU KPK Ricuh

Kericuhan terjadi di gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat siang (13/9). Massa yang mengatasnamakan Himpunan Aktivis Indonesia melempari gedung dengan batu, botol, dan bambu. Mereka mencoba masuk untuk mencopot kain hitam yang menutupi logo KPK. Logo kain hitam adalah simbol jika revisi Undang-Undang KPK disetujui dan pimpinan KPK ke depan diisi orang-orang bermasalah.

Pihak keamanan KPK mencoba menghalau massa yang mencoba masuk ke gedung KPK. Akhirnya seorang pendemo berhasil masuk ke gedung KPK dan mencopot kain hitam yang menutupi logo KPK.



Sejumlah pegawai KPK, wartawan dan petugas keamanan yang berada di pelataran dan lobi gedung KPK berhamburan ke luar gedung untuk menyelamatkan diri setelah massa

Aparat keamanan yang berjaga di gedung KPK mencoba mengurai massa dengan menembakkan gas air mata.

Namun, massa justru terus mencoba merangsek masuk ke dalam gedung KPK, sambil berteriak dan menyuarakan aspirasinya mendukung revisi UU KPK.



Massa Himpunan Aktivis Indonesia, sebelumnya, merusak sejumlah karangan bunga dan spanduk yang berisi penolakan terhadap upaya pelemahan KPK.

Juru Bicara Himpunan Aktivis Indonesia, Imam Rohmatulloh, menuntut empat tuntutan:

1. Meminta Komisioner KPK Saut Situmorang dan Wadah pegawai KPK menarik kembali pernyataan Firli Bahuri melanggar kode etik berat.



2. Mendesak Saut Situmorang dan WP KPK meminta maaf secara terbuka kepada Firli Bahuri.

3. Menuntut KPK segera mengevaluasi seluruh unsur KPK agar terbebas dari segala kepentingan.

4. Menuntut Saut Situmorang mundur dari pimpinan KPK.