Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Lucu Banget, Bayi Zebra dengan Pola Titik-titik
1 Month, 4 Weeks ago

Lucu Banget, Bayi Zebra dengan Pola Titik-titik

Seekor bayi zebra langka ditemukan di Kenya. Bila biasanya zebra memiliki garis hitam putih, bayi zebra yang langka ini lahir dengan pola titik-titik bukan garis.



Zebra yang tidak biasa ini terlihat di Cagar Alam Nasional Maasai Mara di Kenya, di mana fotografer Rahul Sachdev dan Antony Tira, yang juga seorang pemandu wisata, berhasil memotret beberapa foto.

Parmale Lemein, seorang spesialis satwa liar dari Matira Bush Camp, mengatakan bahwa ini adalah kasus zebra bertitik pertama di Mara Reserve. Kemungkinan besar zebra ini memiliki melanisme, yang merupakan kebalikan dari albinisme. Namun sayangnya tidak ada zebra serupa yang bertahan lebih dari enam bulan terakhir dengan kondisi seperti itu di alam.



Menurut beberapa ilmuwan, garis-garis zebra terbentuk ketika ada hambatan dalam produksi melanin. Artinya binatang itu kemungkinan besar berwarna hitam dengan garis-garis putih dan bukan sebaliknya.



Tapi garis-garis zebra bukan hanya sekadar corak. Live Science berpendapat bahwa garis-garis itu membantu zebra tetap dingin di panasnya suhu Afrika. Ada juga teori bahwa garis membantu zebra bersembunyi dari predator potensial, dan juga membantu mereka menghindari digigit oleh lalat yang diketahui menularkan penyakit.

Apapun faktanya, dengan kehadiran bayi zebra bertitik ini, pertanyaan kuno apakah zebra itu berwarna putih dengan garis-garis hitam atau hitam dengan garis-garis putih, akhirnya bisa terjawab.