Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

3 Cara Agar Perceraian Lebih Mudah Diterima Oleh Anak
2 Months, 2 Weeks ago

3 Cara Agar Perceraian Lebih Mudah Diterima Oleh Anak

Perceraian tidak pernah mudah, bahkan jika itu berjalan cepat dan lancar. Berikut adalah tiga cara untuk mengurangi dampak perceraian pada anak-anak Anda.



Semua tips ini untuk mengurangi stres Anda dan anak-anak baik selama maupun setelah perceraian, dan mencoba memuluskan proses perceraian sebagai perubahan.



Minimalkan konflik antara Anda dan mantan
Mulailah dengan memaafkan diri sendiri dan mantan, setidaknya pada tingkat tertentu. Ini tidak mudah dilakukan, dan hampir tidak mungkin tergantung pada situasi Anda. Tapi itu akan mengurangi konflik di sekitar anak-anak Anda menjadi lebih mudah. Tujuannya agar anak-anak dapat melihat kedua orang tuanya sebanyak mungkin dan senyaman mungkin, tanpa argumen atau komentar negatif setiap kali mereka melakukannya.



Kurangi transisi yang harus dilalui anak-anak
Perceraian membawa cukup banyak perubahan sehingga setiap transisi tambahan atau perubahan yang Anda hindari, semakin sedikit stres yang dialami anak-anak. Pindah sekolah, pindah rumah, perubahan kualitas hidup karena perubahan pendapatan rumah tangga, dan akhirnya mama/pap baru. Semua ini sifatnya traumatis, beberapa mungkin diperlukan, tetapi cobalah untuk meminimalkannya. Beberapa perubahan tidak dapat dihindarkan, tetapi apa yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya lebih mudah akan membantu anak-anak Anda beradaptasi dengan kehidupan setelah perceraian.

Jaga diri agar bisa hadir untuk anak-anak Anda
Menjaga diri itu penting, terutama selama masa sulit seperti perceraian. Meminimalkan stres membantu Anda menjadi orang tua yang lebih baik dan dapat fokus pada apa yang anak-anak butuhkan untuk merasa aman dan dicintai karena begitu banyak yang berubah.