Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Seram, Langit di Jambi Sempat Berwarna Merah
1 Month, 3 Weeks ago

Seram, Langit di Jambi Sempat Berwarna Merah

Fenomena langit berwarna merah terjadi di Desa Mekar Sari, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Ada apa?

Dilansir komaps.com, fenomena langka ini terjadi pada Sabtu, 21 September 2019 kemarin. Dari foto yang diunggah oleh seorang warga di sana, terlihat langit berwarna merah menyala sekaligus seperti berkabut.

Langit yang memerah ini terjadi sekitar pukul 10.42 sampai pukul 14.00. Rupanya, fenomena ini ada hubungannya kabut asap yang mengelimuti Kabupaten Muaro Jambi.



“Jam 12.00 siang tadi mulai gelap nian, seperti tengah malam, lampu rumah-rumah sampai dihidupkan,” kata Dedy Wahyuni, warga Desa Betung.

Warga lainnya bernama Eko, menceritakan, angin kencang sempat membuat suasana desanya yang terselimuti kabut asap pekat semakin mencekam.

“Tiupan angin memang kencang disertai suara gemuruh api yang membakar lahan yang berjarak dua kilometer lagi dari permukiman warga setempat,” kata Eko Eko membenarkan, kawasan lahan perusahaan di dekat desanya terbakar.



Sumber lainnya mengatakan kondisi angin yang kuat membuat hembusan api semakin membesar dan asap makin pekat.

langit merah jambi

Sementara itu, menurut Plt Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo Soetarno, warna merah di langit terjadi karena pergerakan kabut asap dari titik api. Titik api nya sendiri berasal dari bagian selatan provinsi Riau.



Astronom amatir Indonesia Marufin Sudibyo mengatakan langit yang memerah di Jambi ini kemungkinan adalah fenomena Hamburan Rayleigh, yakni penghamburan elastis pada cahaya oleh partikel berukuran sangat kecil di udara. Ukuran partikel ini lebih kecil dibanding gelombang cahaya tampak.

Marufin menyebutkan peristiwa ini mungkin disebabkan oleh kepadatan partikel di udara yang besar sehingga lebih padat dibandingkan saat udara normal.

Karena adanya partikel padat, berkas cahaya Matahari yang melewatrinya akan dihamburkan sehingga menyisakan gelombang panjang dengan warna merah.