Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Toko Kelontong yang Benar-benar Bebas Plastik
1 Month, 3 Weeks ago

Toko Kelontong yang Benar-benar Bebas Plastik

Meski kita sudah berupaya mengurangi penggunaan plastik, saat berbelanja kebutuhan sehari-hari di toko atau supermarket, tetap saja tidak bisa jauh dari plastik yang umumnya ada di pembungkus kemasan produk.



Inilah yang sudah dicari solusinya oleh sejumlah toko di Bandung. Salah satunya adalah Toko Organis, Jl. Batik Uwit nomor 1, Sukaluyu. Toko yang sudah berdiri sejak tahun 2013 lalu ini menjual berbagai kebutuhan sehari-hari layaknya toko kelontong pada umumnya.

Bedanya adalah toko ini menjualnya tanpa kemasan. Pembeli wajib membawa wadah masing-masing untuk mengambil barang yang mereka butuhkan. Karena konsepnya self-service, pembeli juga menimbang sendiri dan memasukkan harga sendiri di timbangan. Ada daftar harga untuk menjadi acuan pembeli saat menimbang dan menghitung total harganya.



Jika wadahnya saja harus bawa sendiri, maka tas belanja juga wajib bawa sendiri karena toko ini tak menyediakan kantung plastik.



Selain menjual produk dari produsen besar, Toko Organis juga menjual produk bebas plastik dan organik yang dibuat oleh komunitas maupun indvidu. Misalnya sabun mandi organik, spon mandi, peralatan makan dari bambu, tas belanja, biji lerak dan sebagainya. Toko Organis buka setiap hari Senin - Jumat pukul 09.00 sampai 17.00.

foto:Nur Khansa Ranawati/Ayobandung.com