Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Game Minecraft Sebagai Sarana Pendidikan
1 Month, 2 Weeks ago

Game Minecraft Sebagai Sarana Pendidikan

New York Times menyebut anak-anak sekarang sebagai ″Generasi Minecraft.″ Hampir semua anak-anak dan remaja saat ini pernah main Minecraft. Tapi Minecraft bukan hanya sekadar bermain game. Gae besutan Mojang ini memiliki sisi edukasi yang mendorong pemecahan masalah, kreativitas, perencanaan dan pelaksanaan. Bahkan dapat mengajar anak-anak yang sudah lebih besar soal coding dan teknik listrik. Inilah cara menggunakan Minecraft untuk pendidikan.



Libatkan sekolah
Dirilis pada 2016, Minecraft: Education Edition adalah versi Minecraft yang dirancang khusus untuk digunakan di ruang kelas. Pendidik dari seluruh dunia menggunakan game ini untuk mengajarkan anak usia 12 tahun, mulai dari matematika hingga sejarah, sastra, kimia, dan lainnya.

Meskipun Anda dapat memeriksanya secara gratis, sayangnya tidak ada versi Education Edition untuk orang tua. Rilis lengkap hanya tersedia melalui lembaga pendidikan yang berkualifikasi, jadi Anda harus meyakinkan sekolah anak Anda untuk membeli lisensinya.



Independen
Pengguna PC atau Mac dapat mengunduh banyak peta yang dirancang untuk pendidikan. Contohnya, peta petualangan dari Museum London yang menempatkan Anda di London pada tahun 1666 saat museum tersebut mengalami kebakaran yang menghancurkan kota.

Mendekatkan diri dengan anak
Bermain Minecraft dengan anak adalah pengalaman yang mendidik dan memperkaya. Bermain Minecraft akan memberi Anda sejumlah peluang untuk mengarahkan anak Anda dengan lembut menuju keterampilan pengambilan keputusan dan persiapan yang baik, serta mengajarkan kesabaran dan ketekunan.



Hal hebat lainnya tentang Minecraft adalah ikut berkembang dengan pikiran dan kedewasaan anak Anda. Level sederhana untuk anak yang masih kecil, dan level lebih rumit untuk anak yang sudah dewasa.

Tingkat penguasaan Minecraft yang lebih tinggi memberikan pendidikan dasar tentang cara kerja mesin, elektronik, dan sirkuit. Jika anak Anda memiliki minat di dunia teknik, kemungkinannya tidak terbatas.