Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Waspadai Aplikasi GetContact Dari Segi Privasi
1 Month, 2 Weeks ago

Waspadai Aplikasi GetContact Dari Segi Privasi

Di Internet ramai beredar screenshot tentang ajakan demo ke pelajar STM yang disebar melalui WA. Salah satu yang jadi sorotan adalah penggunaan aplikasi bernama GetContact yang katanya bisa mengungkap nama dibalik nomor telepon yang belum kita masukkan ke daftar kontak.

get

Apa sih GetContact ini?
GetContact memiliki kemampuan untuk mengetahui setiap penelepon dengan nama dan fotonya. Aplikasi mengambil data pribadi dan foto penelepon dari basis datanya.

Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk menempatkan nomor penelepon iseng atau nyebelin pada daftar hitam, dan mencari kontak berdasarkan nama atau nomor.



Ingin tahu nomor telepon tetangga Anda yang cantik itu? Cukup cari di GetContact! Tentu saja, ada harga yang harus dibayar untuk fasilitas ini. GetContact meminta akses ke kontak Anda, aplikasi ini menginginkan daftar nama dan nomor telepon yang Anda simpan di ponsel.

getcontact

Makanya tidak heran GetContact sering digunakan hanya untuk sekadar ingin tahu. Orang-orang di seluruh dunia bersemangat mencari nomor mereka untuk mencari tahu nama apa yang diberikan oleh teman-teman mereka.

Jika aplikasi ini memungkinkan melihat nomor sendiri, pasti bisa juga mencari nomor teman, rekan kerja, atau pasangan. Di sinilah pengguna mulai menemukan hal-hal yang tidak menyenangkan. Seorang wanita yang melihat nomor suaminya dengan nama wanita mungkin curiga dia selingkuh dan bisa menyebabkan gonjang-ganjing di rumah tangga.

Peringatan untuk kebaikan Anda sendiri
Situs web GetContact berisi perjanjian kerahasiaan dimana pengguna memberikan akses aplikasi ke data pribadi dan perusahaan, termasuk data yang disimpan oleh aplikasi lain dan di media sosial, serta hak untuk berbagi data ini dengan pihak ketiga. Dengan kata lain Anda memberikan hak kepada GetContact untuk membagikannya dengan siapa pun.



GetContact juga menyimpan buku telepon dan kontak Anda, foto, alamat e-mail, alamat IP, dan catatan percakapan. Dengan menerima persyaratannya, Anda setuju memberikan data pribadi Anda dan juga data rekan kerja dan teman Anda.

Pengembang GetContact bersikeras bahwa mereka tidak menjual data mereka kepada siapa pun. Namun, mereka dapat berubah pikiran kapan saja sebab perjanjian pengguna memungkinkan mereka untuk mentransfer data ke pihak ketiga mana pun dan berisi klausa yang memaksa pengguna setuju untuk menerima e-mail / pesan massal.

Bagaimana caranya menghapus nomor saya dari GetContact?
Pengembang GetContact memungkinkan pengguna untuk keluar dari basis data milik mereka. Untuk melakukannya, Anda harus menemukan halaman Manage Your Phone Number di situs getcontact.com, masukkan nomor Anda, dan kirim permintaan.

Namun, ada tapinya. Opsi ini hanya tersedia bagi mereka yang menghapus GetContact dari perangkat mereka sendiri. Jika Anda menginstal aplikasi ini lagi, nomor Anda akan terlihat oleh semua orang lagi.

Apakah ini legal?
GetContact telah secara resmi dilarang di beberapa negara karena kebijakan privasi yang dipertanyakan, dan sedang dalam pengawasan ketat untuk kepatuhan dengan data pribadi dan undang-undang lainnya di negara lain.



Tetapi sepertinya sudah terlambat. GetContact telah mengumpulkan beberapa juta nomor telepon dari pengguna di negara-negara di seluruh dunia, dan tidak mungkin pengembang akan menghapusnya begitu saja, bahkan jika kegiatannya tidak sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Apa yang akan dilakukan GetContact dengan semua kontak itu? Seperti yang sudah dikatakan, apa pun yang mereka inginkan.

Jadi apa yang bisa kita lakukan?
Anda tidak dapat menggunakan aplikasi seperti GetContact dan pada saat yang sama meminta soal privasi. Privasi jauh lebih penting daripada lihat-lihat nomor orang lain. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

1. Saat instal aplikasi baru, jangan malas membaca perjanjian pengguna dan kebijakan privasi.

2. Saat memberikan akses ke data , pikirkan sejenak apakah aplikasi itu benar-benar membutuhkan akses ke informasi semacam itu untuk bekerja? Apa yang akan terjadi jika aplikasi membagikan data kepada publik? Dalam beberapa kasus, Anda dapat menolak beberapa permintaan izin akses dan aplikasi akan tetap berfungsi dengan baik.

3. Pertimbangkan menghapus data sensitif apa pun, seperti nomor kartu kredit atau kode PIN, dari phonebook.