Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Perlukah Ganti ke Smartphone Baru?
1 Month, 2 Weeks ago

Perlukah Ganti ke Smartphone Baru?

Produsen smartphone berlomba-lomba membanjiri pasar dengan produk terbaru mereka. Secara tidak langsung konsumen akan merasakan tekanan untuk mengganti smartphone-nya dengan yang lebih baru dan lebih cepat.

Tetapi apakah Anda benar-benar perlu mengganti smartphone? Berikut adalah tiga pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri.

1. Apakah Anggarannya Ada?
Smartphone premium harganya lebih tinggi dari smartphone biasa. Jika penghasilan Anda tidak banyak, untuk apa membeli perangkat yang akan kehilangan sebagian besar nilainya begitu kotaknya dibuka.



Sekalipun gadget baru yang terlihat menggoda, Anda harus lebih dulu melihat kondisi keuangan. Ada banyak perangkat anggaran di pasaran yang dapat Anda pilih.

2. Sudah Cukupkah Teknologi di Smartphone Baru?
Produsen akan merilis update terjadwal dari perangkat mereka terlepas dari apakah mereka telah membuat kemajuan nyata dalam teknologi mereka. Terkadang Anda akan melihat peningkatan besar. Namun seringkali hanya ada sedikit perbaikan dan sedikit pembaruan dalam desain.

Jadi, Anda perlu memutuskan. Jika beli baru, apakah yang baru itu nanti akan memberikan peningkatan yang signifikan.



Misalnya, tidak ada banyak perbedaan antara Galaxy S8 dan Galaxy S9. Namun, Galaxy S10 adalah peningkatan yang lebih signifikan pada teknologi S8 dan jauh di depan Galaxy S7.

Ketika upgrade OS, ini tergantung pada produsen. Upgrade OS dapat meningkatkan kinerja perangkat Anda secara signifikan. Sayangnya, proses update pada Android tidak konsisten. Tiap merek/seri mendapat jadwal yang berbeda-beda.

Jika perangkat Anda menerima update tepat waktu, pertimbangkan kapan update besar berikutnya dijadwalkan. Jika itu akan terjadi dalam waktu dekat, tunda dulu pembeliannya.

3. Apakah Smartphone Anda Masih Memenuhi Kebutuhan Harian?
Berbicara tentang kebutuhan, Anda harus mempertimbangkan apakah ponsel Anda memenuhi kebutuhan dan persyaratan harian Anda sebelum membeli yang baru.



Jika ponsel Anda tidak memiliki cukup daya untuk bertahan lebih dari beberapa jam, tidak dapat menjalankan aplikasi yang lebih baru, atau terjebak pada OS lama yang memiliki masalah kinerja dan keamanan, Anda harus mempertimbangkan perangkat baru.

Tetapi jika ponsel yang sekarang dipakai sudah bisa melakukan apa yang Anda butuhkan, untuk apa beli baru. Anda tidak memerlukan teknologi kamera terbaru jika Anda tidak hobi fotografi. Anda juga tidak memerlukan perangkat berperforma sangat tinggi jika hanya untuk dipakai WhatsApp atau main Candy Crush.

Barang baru mungkin menggoda, tetapi menilai dari ″keinginan vs kebutuhan″ akan membantu Anda memutuskan apakah beli baru benar-benar diperlukan.