Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Apakah Cinta Saja Sudah Cukup?
3 Weeks, 4 Days ago

Apakah Cinta Saja Sudah Cukup?

Ketika berbicara tentang hubungan, Anda mungkin pernah mendengar Kalimat ″Cinta mengalahkan segalanya″. Sebuah harapan yang sangat tinggi.

Tetapi, apakah cinta cukup untuk menjaga hubungan tetap berjalan jika aspek penting lain dari hubungan yang sehat tidak ada? Siapa pun yang pernah putus dengan seseorang yang masih mereka cintai mungkin akan mengatakan tidak.



Menurut Dr. Joshua Klapow , Ph.D., Psikolog Klinis dan pembawa acara The Kurre and Klapow Show, meskipun cinta adalah salah satu elemen terpenting dari hubungan yang memuaskan, itu bukan satu-satunya faktor yang dipertimbangkan.

″Cinta adalah elemen hubungan yang paling kuat tetapi paling tidak didefinisikan,″ kata Dr. Klapow kepada Elite Daily.

″Cinta adalah bahan bakar dan api yang memiliki potensi untuk menjaga hubungan tetap menyala, tetapi cinta adalah perasaan. Cinta tidak dapat menciptakan semua keterampilan dan tindakan yang diperlukan untuk menjaga hubungan yang sehat.″



Tidak peduli seberapa besar cinta yang ada dalam suatu hubungan, itu tidak mengubah fakta bahwa kebanyakan orang memiliki kebutuhan tambahan. Jika kebutuhan itu tidak terpenuhi, Dr. Klapow menjelaskan mempertahankan hubungan tidak dimungkinkan.

Meskipun ini mungkin terdengar menyakitkan, kebenarannya adalah bahwa cinta yang paling kuat pun perlu dipupuk. Itulah sebabnya begitu banyak ahli menekankan pentingnya kompatibilitas sebagai bagian kedua dari teka-teki hubungan bahagia.

″Dua orang dapat memiliki cinta yang besar satu sama lain tetapi melihat dunia secara berbeda, memiliki prioritas yang berbeda, dan berada pada tahap yang berbeda sehubungan dengan kesadaran diri, pertumbuhan diri, kedewasaan, dan perkembangan," jelas Dr. Klapow.



Jika Anda jatuh cinta dengan seseorang dan ingin membuat hubungan berjalan baik, tetapi Anda tidak cocok seperti yang Anda inginkan, Dr. Klapow merekomendasikan memvisualisasikan hubungan sebagai bagian dari keseluruhan tiga bagian.

″Dalam hubungan apa pun, selalu ada tiga komponen. Orang pertama, orang kedua, dan hubungan itu sendiri. Ketiganya harus dipupuk, dikembangkan, dikerjakan, dan dikembangkan," kata Dr. Klapow.

Mampu mempertahankan ketiganya pada saat yang sama adalah kunci untuk menjaga kesehatan dinamis antara Anda dan pasangan.