Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Menteri Termiskin di Kabinet Jokowi
1 Month, 1 Week ago

Menteri Termiskin di Kabinet Jokowi

Suharso Monoarfa yang saat ini menjabat Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, disebut-sebut sebagai menteri termiskin di kabinet Indonesia Maju. Sebab berdasarkan informasi di elhkpn.kpk.go.id, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara yang dilaporkan Suharso pada tahun 2018, hartanya cuma senilai Rp84.279.899.

Tak ada aset berupa tanah dan bangunan, kendaraan, harta bergerak lainnya, atau surat berharga. Yang tertulis hanya kas dan setara kas. Kolom utangnya juga kosong.



monoarfa

Suharso Monoarfa adalah seorang pengusaha dan politikus berdarah Gorontalo. Suharso merupakan anggota Partai Persatuan Pembangunan yang menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 19 Januari 2015. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Perumahan Rakyat pada Kabinet Indonesia Bersatu II.



Suharso juga pernah menjadi anggota DPR pada periode 2004-2009 dan terpilih kembali untuk periode 2009-2014 dari Partai Persatuan Pembangunan. Pada 19 Januari 2015, ia dipilih oleh Presiden Joko Widodo sebagai salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres)

Dalam karir politiknya, Suharso kemudian terpilih menjadi Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan pada 16 Maret 2019. Suharso menggantikan Romahurmuziy yang mengundurkan diri.



Mengenai kejanggalan ini, kabarnya KPK akan melakukan verifikasi ulang mengenai aset miliknya.

Pasalnya, menurut LHKPN yang dilaporkan tahun 2009, Suharso tercatat memiliki harta Rp13,39 miliar. KPK menduga ada kesalahan dalam pemasukan data di laporan ini.