Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Menag Akan Larang Cadar dan Celana Cingkrang di Instansi Pemerintah
1 Month, 1 Week ago

Menag Akan Larang Cadar dan Celana Cingkrang di Instansi Pemerintah

Menteri Agama, Fachrul Razi, dalam Lokakarya Peningkatan Peran dan Fungsi Imam Tetap Masjid Jakarta, Rabu (30/10), mengatakan imam bukan hanya pemimpin salat berjemaah, tapi juga bertanggung jawab memastikan mimbar masjid tak dipakai untuk menyebarkan ajaran kekerasan berbasis agama atau membodohi umat.



Ia juga menyebut Kemenag bakal melakukan penataran terhadap para pendakwah. Para da’i akan dibekali pendidikan nasionalisme, Pancasila, dan hukum-hukum yang berlaku di Indonesia guna meminimalisasi penyebaran paham ekstremis. Dia memastikan tak ada paksaan bagi para pendakwah untuk mengikutinya.

Fachrul juga menyinggung soal ideologi khilafah. Ia tak mau lagi ada perdebatan menggunakan dalil-dalil Alquran dan hadis untuk membenarkan khilafah. Fachrul berencana membuat larangan tentang penyebaran khilafah di Indonesia.



Soal tren penggunaan niqab atau cadar. Menurutnya banyak kalangan yang saat ini menjadikan penggunaan cadar sebagai alat ukur keimanan dan ketakwaan. Fachrul juga membuat aturan setingkat kementerian untuk melarang pemakai cadar masuk ke instansi-instansi pemerintah demi alasan keamanan.

celana

Di kesempatan yang berbeda, dalam Rapat Koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kamis (31/1), Fachrul Razi kembali mengeluarkan pernyataan keras.



Fachrul menyinggung soal PNS yang menggunakan celana di atas mata kaki. Ia menyebut penggunaan celana cingkrang tak sesuai aturan berseragam di lingkungan instansi pemerintah. Fachrul menyebut lebih baik PNS bercelana cingkrang keluar dari instansi pemerintahan jika tak mengikuti aturan.

″Masalah celana cingkrang itu tidak bisa dilarang dari aspek agama. Tapi dari aturan pegawai bisa, misal ditegur. 'Celana kok tinggi begitu? Kamu enggak lihat aturan negara gimana?' Kalau enggak bisa ikuti, keluar kamu,″ ucap Fachrul.