Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Gadis 27 Tahun Lulusan Harvard Jadi Rektor Termuda di Indonesia
8 Months, 4 Days ago

Gadis 27 Tahun Lulusan Harvard Jadi Rektor Termuda di Indonesia

Sosok gadis cantik bernama Risa Santoso mencuri perhatian. Pasalnya meski masih berusia 27 tahun, tapi sudah menduduki jabatan sebagai rektor termuda di Indonesia.

Dirangkun Tribunnews, Risa menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi & Bisnis ASIA Malang.

Penunjukan rektor muda, Risa Santoso B A MA Ed ini seiring dengan bergabungnya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) ASIA Malang dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) ASIA Malang di bawah pengelolahan Yayasan Wahana Edukasi Cendekia.

Ketua Yayasan Wahana Edukasi Cendekia, Yoyok Hari Subagiono SE MM menuturkan penggabungan kedua sekolah tinggi tersebut dilakukan agar ilmu bisnis dan ilmu digital dapat bersinergi sehingga dapat menembus jajaran perguruan tinggi swasta terbaik di Asia Tenggara.



rektor cantik

Risa Santoso dipercaya dan ditunjuk langsung menjadi rektor oleh pihak Yayasan Wahana Edukasi Cendekia yang menaungi lembaga pendidikan itu.

Usia muda Risa tak menghalangi pihak Yayasan untuk memberi kepercayaan penuh padanya dengan pertimbangan pengalaman yang dimilikinya.

Ketua Yayasan Wahana Edukasi Cendekia, Yoyok Hari Subagiono SE MM menuturkan alasan pihaknya memilih Risa karena latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja Risa yang bagus.



“Dari latar belakang pendidikannya juga dari pengalaman kerjanya terus ketika dia memutuskan bergabung dengan ASIA waktu menjabat sebagai direktur Inkubasi bisnis juga bagus, kerjasama dengan pihak luar juga bagus, yaa saya kira itu pertimbangannya,” ujar Yoyok.

Risa sendiri adalah wanita kelahiran Surabaya 27 Oktober 1992. Ia mengenyam pendidikan S1 di University Of California, Berkeley dengan jurusan ekonomi dan S2 di Harvard University dengan jurusan pendidikan.

Sebelum bergabung dengan Institut ASIA Malang, Risa pernah bekerja sebagai tenaga Ahli Muda di Kantor Staff Presiden.

rektor cantik



Ditunjuk sebagai rektor, Risa mengatakan dirinya akan memperbarui kurikulum dan juga menjalin kerjasama dengan industri.

“Pastinya pengembangan untuk sinergi antara bisnis dan teknologinya karena sekarang kan kita ada di 2 perguruan tinggi yang berbeda jadi penyatuannya bagaimana. Biar kita juga bisa memperbarui kurikulumnya terus sama pengembangan kerjasama dengan industri juga,” ujarnya.

Menjadi rektor termuda di Indonesia dan akan memimpin orang-orang yang lebih senior darinya, Risa mempunyai kiat khusus tentang bagaimana cara ia memimpin seniornya.

“Itu harus dilihat bagaimana cara kita berkomunikasi dengan mereka yang pasti menyamakan tujuan karena mau nggak mau semuanya pasti mau yang terbaik untuk institusi,” terang Risa.