Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

UU Anti-Kekerasan Terhadap Hewan Disahkan Pemerintah AS
7 Months, 1 Week ago

UU Anti-Kekerasan Terhadap Hewan Disahkan Pemerintah AS

Dengan begitu banyak cerita tentang kekejaman terhadap binatang, banyak yang menginginkan adanya hukum untuk para pelaku kekerasan ini.

Presiden AS, Donald Trump, telah menandatangani UU Preventing Animal Cruelty and Torture (PACT) yang isinya mengilegalkan tindakan kejam terhadap hewan.



UU PACT ditandatangani pada hari Senin, (25/11) dan menandai kemenangan simbolis dalam perjuangan untuk hak-hak hewan.

undang-undang



″Adalah penting bahwa kita memerangi tindakan kejam kejam dan sadis ini, yang sama sekali tidak dapat diterima dalam masyarakat yang beradab.″ kata Trump.

Menurut situs resmi Kongres, ″Undang-Undang PACT menjadikan kekerasan terhadap hewan sebagai kejahatan nasional di AS. Kekerasan didefinisikan ketika mamalia non-manusia yang hidup, burung, reptil, atau amfibi dengan sengaja dilukai, dibakar, ditenggelamkan, dibiarkan mati lemas, ditusuk, atau mengalami cedera tubuh yang serius.“



Pelaku kekerasan terhadap hewan, bisa dihukum penjara hingga 7 tahun.

Sayangnya, UU itu masih menyisakan celah hukum, karena UU tersebut tidak memasukkan perlakuan hewan ternak dalam industri peternakan hewan; menyembelih hewan untuk dimakan; prosedur di bidang kedokteran hewan atau industri terkait lainnya; berburu, menjebak, dan memancing; pengendalian hama; penelitian ilmiah atau medis; euthanasia; dan bela diri.

Semoga di Indonesia ada juga UU semacam ini ya.