Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

LIPI Rilis Konten Penelitian Untuk Pelajar
2 Months, 1 Week ago

LIPI Rilis Konten Penelitian Untuk Pelajar

Dalam rangka meningkatkan literasi dan minat generasi muda terhadap riset, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mempublikasikan hasil penelitian mereka dalam bentuk video atau dokumenter animasi via Youtube oleh Balai Informasi Teknologi.



youtube

Selain di YouTube, LIPI juga berkolaborasi dengan Quipper dalam pembuatan konten penelitian kekinian yang menarik dan mudah dipahami pelajar SMA. Videonya bisa dilihat di aplikasi Quipper Video.



“Saya berharap kolaborasi antara LIPI dan Quipper dapat membantu memasyarakatkan ilmu pengetahuan, utamanya ya tentu pada generasi milenial melalui video edukasi,” kata Prapti Sasiwi, Kepala Balai Informasi Teknologi (LIPI), Kamis (11/12).

LIPI telah memilih tiga peneliti yang jurnal penelitiannya dijadikan video. Salah satu peneliti yang terlibat adalah Intan Suci Nurhati, Ph. D - Peneliti Paleoseanografi LIPI.



Tahapan panjang pemilihan materi penelitian dari LIPI dan kontekstualisasi dengan pelajaran yang sesuai dengan kurikulum SMA oleh Quipper, sudah dilakukan sejak Maret 2019.

Ruth Ayu Hapsari selaku Business Development Manager Quipper Indonesia mengatakan tantangan pendidikan ke depan tidak hanya melakukan transformasi digital, namun penting juga memberikan kontekstualisasi terhadap pelajaran dan permasalahan di sekitar. Untuk melahirkan inovasi dalam menyelesaikan berbagai macam masalah itu, anak muda harus paham akan pentingnya penelitian.