Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Facebook Siap Terjun ke Dunia Game
3 Months, 1 Week ago

Facebook Siap Terjun ke Dunia Game

Facebook telah mengakuisisi perusahaan cloud gaming asal Spanyol, PlayGiga, yang sebelumnya sudah menawarkan layanannya di Italia, Argentina, Chili, dan Spanyol. Pembelian tersebut kabarnya dengan nilai €70 juta.



Akuisisi Facebook terhadap cloud gaming muncul ketika pasar cloud gaming mulai berkembang berkat masuknya beberapa pemain besar baru. Bulan lalu, Google meluncurkan layanan Stadia, sementara Microsoft memperkenalkan platform xCloud sebelum peluncuran resminya pada tahun 2020. Sementara itu, Sony telah memiliki layanan cloud gaming sendiri, PlayStation Now.

Dibandingkan dengan platform lainnya, PlayGiga adalah perusahaan cloud gaming yang jauh lebih kecil. Tapi sebelum diakuisisi Facebook, mereka sudah berencana memperluas pasarnya. Selain empat pasarnya yang sudah ada, mereka merencanakan peluncuran di Timur Tengah, Swedia, Austria, Belanda dan Guatemala.



Tidak ada jaminan bahwa Facebook akan menggunakan PlayGiga untuk meluncurkan layanan cloud gaming sendiri. Tapi dengan PlayGiga akan membuat Facebook jauh lebih mudah untuk melakukannya.



Game telah menjadi layanan yang fokusnya ditingkatkan Facebook dalam beberapa tahun terakhir. Maret lalu, Facebook menambahkan bagian "Gaming" ke tab navigasi, yang menyatukan layanan streaming Facebook Gaming, serta koleksi Permainan Instan berbasis web .

Facebook juga memiliki minat dalam game VR sejak mengakuisisi Oculus pada 2014, dan bulan lalu mengakuisisi Beat Studios, pengembang di belakang Beat Saber.