Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

YouTube Studio Lengkapi Fitur Menangani Klaim Hak Cipta
3 Months, 5 Days ago

YouTube Studio Lengkapi Fitur Menangani Klaim Hak Cipta

YouTube Studio telah diperbarui dengan alat-alat baru yang dirancang khusus untuk kreator yang berurusan dengan teguran hak cipta dan klaim konten. Pembaruannya cukup besar, menambahkan segalanya mulai dari peningkatan tinjauan langsung ke klaim hak cipta hingga alat untuk memotong konten video yang dilindungi hak cipta.



YouTube terkenal dengan koleksi konten berhak cipta yang tidak sah, sesuatu yang telah berusaha keras dihilangkan oleh Youtube selama bertahun-tahun. Pemilik hak cipta dapat 'menyerang' saluran yang mencuri konten mereka dengan mengajukan klaim. Pembuat konten yang mendapat terlalu banyak serangan hak cipta akan menghadapi hukuman dan berpotensi hilangnya saluran mereka, membuat klaim ini menjadi masalah besar.

Di dalam Studio Dashboard, kreator sekarang dapat meninjau setiap teguran hak cipta yang diterima saluran mereka, termasuk video mana yang telah dihapus berdasarkan kepemilikan hak cipta, serta siapa yang membuat klaim penghapusan dan tindakan apa yang dapat diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut . Selain itu, Studio juga menawarkan transparansi yang lebih besar pada penurunan video dengan menunjukkan hal-hal seperti deskripsi konten yang disediakan oleh orang yang membuat klaim.



Seperti disebutkan, YouTube juga telah menambahkan alat untuk langsung memotong bagian yang dilindungi hak cipta dari video yang telah terkena klaim hak cipta. Alat ini secara otomatis memilih bagian video yang memiliki hak cipta sehingga pengguna tidak perlu menghapus konten sendiri.



Kelemahan dari alat ini adalah kreator tidak dapat mengubah titik awal dan akhir untuk fitur pemotongan video. Itu akan berubah di masa mendatang , tetapi sampai saat itu, pembuat yang ingin menyesuaikan apa yang dipangkas perlu menggunakan YouTube Editor.

Akhirnya, YouTube mengatakan bahwa mereka telah menambahkan filter Klaim Hak Cipta baru ke halaman Video, memungkinkan pembuat konten menemukan video mana yang telah terkena klaim dan teguran, serta info tentang jenis masalah yang mengakibatkan video ditandai. dan apakah sudah dihapus.