Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Aura Mistis Penjara Bawah Tanah Museum Fatahillah
6 Months, 1 Week ago

Aura Mistis Penjara Bawah Tanah Museum Fatahillah

Tahu Museum Fatahillah di Kota Tua Jakarta? Apakah kamu juga tahu kisah penjara bawah tanah di dalamnya?

Penjara Bawah Tanah ini berukuran sangat kecil. Bahkan ketika masuk wisatawan harus menunduk karena jarak atap dan dinding lebih kurang hanya setinggi satu meter. Inilah bukti nyata adanya penindasan yang dialami rakyat Jakarta zaman dulu. Di dalamnya terdapat borgol yang diiringi batu sebagai pemberat.

Ruang penjara tersebut sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu. Dulunya, penjara itu digunakan sebagai tempat penampungan para tahanan, penjahat, serta tokoh-tokoh masyarakat yang membangkang terhadap pemerintahan Belanda. Bahkan, menurut sejarah Pangeran Diponegoro dan Cut Nyak Dien pun pernah ditahan di penjara bawah tanah tersebut.



penjara

Ada rasa ngeri dan perasaan lain saat mencoba memasuki penjara tersebut, seperti menyimpan kisah-kisah kelam yang belum diketahui banyak orang.

Di Penjara Bawah Tanah berukuran kecil tersebut dulunya pernah dijejali para tahanan hingga sesak sebanyak 500 orang. Kejam sekali, bukan? Para tahanan yang berjumlah ratusan orang itu dibiarkan kelaparan, disiksa dengan sadis hingga membusuk sampai mati.



Kisah-kisah sadis tersebut dipercaya banyak orang menjadikan Penjara Bawah Tanah tersebut kental dengan suasana mistis. Mulai dari bau anyir dan amis darah, suara-suara aneh hingga penampakan sosok bayangan hitam.

Daripada penasaran dan demi merasakan sensasinya sendiri, ada baiknya jika ke Jakarta sempatkan berkunjung ke kawasan Wisata Kota Tua dan masuklah ke Museum Fatahillah.

penjara



Kawasan Wisata Kota Tua berada di Jalan Taman Fatahillah No 1, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Sebenarnya, Kawasan Wisata Kota Tua Tua sebenarnya terdapat 5 museum, diantaranya Museum Wayang, Museum Sejarah, Museum Bahari, Museum Bank Indonesia dan Museum kesenian dan keramik. Penjara Bawah Tanah ini terdapat di Museum Fattahilah. Untuk memasuki museum cukup membayar uang sebesar Rp.5.000.

Di Museum Fatahillah juga wisatawan bisa berbelanja oleh-oleh karena tersedia banyak souvenir cantik. Untuk jam buka mulai dari 09.00-15.00 WIB dan ke Kawasan Kota Tua tidak dipungut biaya, alias gratis.

Siap untuk merasakan mistisnya Penjara Bawah Tanah Museum Fatahillah?