Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Sekolah Pencak Silat di Virginia, AS
5 Months, 1 Week ago

Sekolah Pencak Silat di Virginia, AS

Pencak silat sudah mendunia. Di berbagai negara lain sudah ada sekolah atau perguruan pencak silat yang gurunya adalah warga lokal. Salah satunya adalah Williamsburg Dojo, sekolah pencak silat pertama di kota Williamsburg, Virginia, AS.

″Sekitar lima setengah tahun lalu, kami menyewa sebuah tempat kecil yang dulunya pasar loak. Waktu itu masih kotor dan jelek. Lalu kami menjadikannya rumah kami dan orang-orang mulai mengetahuinya,″ kata Chris Robinson sebagai pendirinya.



Ia berpengalaman belajar seni bela diri lebih dari 35 tahun. Dia telah mempelajari pencak silat selama 12 tahun dan berguru ke Bukittinggi bersama gurunya, Steven Benitez.

″Aliran pencak silat kami adalah Satria Fighting Arts. Itu aliran dari guru saya. Dia merancang gaya ini bersama Guru Ma dari Belanda. Ada bela diri dan tenaga dalam.

silat



Williamsburg Dojo menyediakan beberapa jenis program, termasuk beladiri khusus anak-anak dan wanita. Sekolah ini memiliki lebih dari 100 murid. Salah satunya adalah Aiden Hill, pemenang kompetisi USA Pencak Silat National Championship 2019.

″Saya suka hal yang terlihat keren. Itu menyenangkan. Saya suka jurus yang gerakannya mengalir seperti kembangan,″ kata Aiden.

Bagi para orang tua murid, Williamsburg Dojo tidak hanya mengajarkan nilai bela diri tetapi juga nilai kekeluargaan.



Namun untuk menguasai ilmu bela diri ini Chris menekankan pentingnya mempelajari asal usul pencak silat.

″Agar murid saya tahu darimana asal pencak silat, mereka harus memahami Indonesia. Jika mereka paham budaya Indonesia, seni mereka harus sesuai dengan situasinya,″ ujar Chris.

Bulan Maret mendatang, Williamsburg Dojo akan tur keliling Indonesia untuk mendalami ilmu pencak silat.