Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Pengolahan Sampah Plastik Jadi Paving Block
5 Months, 1 Week ago

Pengolahan Sampah Plastik Jadi Paving Block

Permasalahan sampah di republik ini tidak hanya terjadi di kota-kota besar. Bukan hanya penumpukan sampah yang jadi masalah tapi juga kkekurangan atau bahkan ketiadaan tempat penampungan khusus sampah plastik dan tempat pengelolaannya.

Di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, tidak adanya tempat penampungan atau pengelolaan sampah plastik membuat sampah menggunung dan dapat menyebabkan banjir.



Hal ini mendorong guru dan siswa SMK Matallo berinisiatif untuk mengentaskan permasalahan sampah tersebut. Mereka memiliki kegiatan ekstrakurikuler khusus untuk mengubah sampah menjadi paving block yang mendukung prasarana di sekolah. Di pagi hari mereka mengumpulkan sampah plastik seperti botol, sterofoam dan kantong plastik lalu memilahnya.

Paving block yang akan diproduksi menggunakan tiga karung sampah plastik. Adapun cara pengolahannya setelah proses pemilahan, sampah plastik tersebut dilebur dengan cara dibakar lalu dimasak. Alat yang digunakan sangat sederhana seperti alat pembakaran sampah dan alat masak dapur. Selain itu ditambahkan oli bekas dan pasir sebagai pengikat adonan sampah tersebut.



sampah

Setelah sampah plastik tersebut cair merata, lalu dicetak pada sebuah loyang agar cetakan dapat berbentuk simetris. Lalu adonan tersebut didinginkan dengan air dan didiamkan hingga mengeras dalam waktu beberapa jam.



Setelah menjadi paving block, olahan tersebut dapat disusun menjadi prasarana seperti jalan, atau dapat dikombinasikan dengan tanaman untuk menjadi hiasan.

Saat ini dari kurang lebih 100 karung sampah sekitar 70 karung telah dibuat menjadi 40 paving block. Hasilnya suda dapat dimanfaatkan pihak sekolah serta masyarakat setempat.