Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Panduan Berburu Makanan Halal di Korea Selatan
4 Months, 1 Week ago

Panduan Berburu Makanan Halal di Korea Selatan

Kamu tidak perlu khawatir mencari makanan halal saat berlibur di Korea Selatan. Pasalnya, kini kian mudah menemukan restoran bersertifikat halal di sana.

Dilansir Kompas.com, Akhmed Faezal Al-Hamdi, MICE Manager KTO Jakarta Office, Korea Selatan menjelaskan empat kategori sertifikat makanan halal.

"Pertama ada Halal Certified itu dikeluarkan oleh Korea Muslim Federation (KMF), kalau di Indonesia seperti MUI (Majelis Ulama Indonesia)," jelas Akhmed Faezal Al-Hamdi.



Untuk mendapatkan Halal Certified, restoran di Korea lebih dulu mengajukan izin kepada KMF. Kemudian, pihak KMF akan datang ke restoran untuk mengkaji.

Seletah mendapat sertifikasi KMF, restoran mendapatkan logo Halal Certified. Logo tersebut agar memudahkan pengunjung yang ingin menyantap makanan di tempat tersebut.

Sertifikat kedua yakni Self Certified. Makanan di restoran ini dijamin halal oleh pemiliknya. Adapun pemiliknya biasanya adalah muslim.

Ketiga, Muslim Friendly, yakni restoran menjual makanan yang tidak mengandung bahan dari babi, namun menjual alkolhol. Ahli masak atau pemilik restoran ini muslim.



Keempat adalah Pork Free. Restoran dengan sertifikat ini menjual aneka daging, seperti sapi, ayam, lembu--tetapi tidak menjual daging babi.

"Wisatawan muslim yang datang ke Korea tidak perlu takut. Cukup melihat empat logo ini di pintu restoran," terang Akhmed.

resto halal



Salah satu restoran yang memegang sertifikat Halal Certifide adalah EID Halal Korean Food. Restoran yang menyajikan makanan khas Korea ini terletak di Seoul.

Kemudian ada Makan Halal Restaurant yang terletak di 52 Usadan-ro 10-gil, Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul. Restoran ini menyajikan makanan seperti grilled fish, beef fried rice.

Ada juga Kervan Turkish Restaurant Halal yang menyediakan makanan khas Turki. Menariknya, restoran ini buka selama 24 jam.

Korea Selatan memiliki national campaign Muslim Trendy Korea. Kampanye ini ingin menjadikan Korea sebagai negara yang ramah terhadap wisatawan muslim di seluruh dunia.