Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

UN 2020 Resmi DIbatalkan
3 Months, 2 Weeks ago

UN 2020 Resmi DIbatalkan

Setelah berkonsultasi dengan Presiden dan instansi-instansi lainnya di kementerian dan di luar, Mendikbud Nadiem Makarim telah memutuskan untuk membatalkan ujian nasional tahun ini. Berikut adalah beberapa alasannya seperti yang dijelaskan langsung oleh Nadiem via video conference.



Prinsip dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang terpenting adalah keamanan dan kesehatan siswa dan keluarga mereka. Kalaupun kita melaksanakan ujian nasional, bisa menimbulkan resiko kesehatan yang sangat besar karena jumlahnya begitu besar. Ada 8 juta siswa yang tadinya akan tes UN. Kita sudah tahu juga bahwa UN itu bukan menjadi syarat kelulusan ataupun seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Jadinya setelah ditimbang pro dan kontranya, lebih banyak resikonya daripada benefitnya untuk melanjutkan UN.



Ujian sekolah masih bisa dilakukan oleh masing-masing sekolah. Tapi tidak diperkenankan untuk melakukan tes tatap muka yang mengumpulkan siswa dalam ruangan kelas. Ini tidak boleh dilakukan. Jadi ujian sekolah bisa menggunakan berbagai macam opsi, misalnya melalui online atau angka dari nilai 5 semester terakhir. Ujian sekolah tersebut tidak dipaksa untuk mengukur ketuntasan seluruh capaian kurikulum bahkan sampai semester terakhir.



Untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 70% daripada penerimaan siswa ini sudah zonasi. Sisanya jalur prestasi menggunakan akumulasi nilai rapor siswa selama 5 semester terakhir atau prestasi akademik dan non akademik di luar sekolah. Penting untuk diingat bahwa pembatalan UN tidak berdampak pada PPDB baik SMP maupun SMA.

Mendikbud juga mengingatkan kepada yang belajar di rumah, agar gurunya tidak hanya memberikan PR saja kepada muridnya, tapi juga ikut berinteraksi dan berkomunikasi membantu murid dalam mengerjakan tugasnya. Sebab ada banyak keluhan dari orang tua dan mahasiswa yang hanya diberikan pekerjaan yang begitu berat tapi tidak dibimbing.