Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Papua dan Tegal Tutup Akses Masuk dan Keluar
3 Months, 1 Week ago

Papua dan Tegal Tutup Akses Masuk dan Keluar

Pemerintah provinsi Papua, Selasa (24/3) mengambil langkah pencegahan Corona. Selain meminta warga untuk tinggal di rumah dan social distancing, Pemprov juga menutup seluruh pintu masuk ke Papua.



Langkah strategis dilakukan di seluruh bandara, pelabuhan, dan pos lintas batas negara di Papua. Semua pintu-pintu tersebut akan ditutup selama 14 hari terhitung mulai 29 April 2020.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, menegaskan hanya pesawat serta kapal pengengkut barang yang akan diizinkan masuk.



Pemerintah provinsi Papua juga telah menetapkan RSUD Dok 2 Jayapura sebagai RS khusus penanganan virus Corona, dan akan mempersiapkan rumah sakit darurat lain yang dilengkapi dengan fasilitas utama dan penunjang. Mereka juga siap merekrut tenaga kesehatan dan sukarelawan serta memanfaatkan sarana umum lainnya.

Selain Papua, Pemerintah Kota Tegal juga melakukan hal yang sama. Mulai 30 Maret - 30 Juli 2020, masyarakat akan sulit masuk dan keluar dari kota Tegal. Pada periode tersebut, pemerintah kota Tegal akan memberlakukan lockdown total secara lokal.



Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono, mengatakan akses jalan protokol di dalam kota dan jalan penghubung antar kampung akan ditutup menggunakan beton. Ada 50 titik akses jalan yang akan ditutup menggunakan beton. Rencara penutupan akses jalan masuk kota Tegal didasari kekhawatiran terjadinya penularan virus Corona.

Selama penutupan, warga kota Tegal yang merantau di luar kota diminta untuk tidak pulang kampung atau harus lapor ke gugus tugas COVID-19 agar diperiksa terlebih dahulu kesehatannya.