Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Guru Rela Datangi Rumah Muridnya Untuk Mengajar
2 Months, 2 Weeks ago

Guru Rela Datangi Rumah Muridnya Untuk Mengajar

Sumber foto:lingkarjatim.com

Dalam mengatasi penyebaran virus Corona, salah satu kebijakan yang diambil adalah penerapan physical distancing dan melakukan segala aktivitas dari rumah baik itu bekerja, ibadah, maupun belajar.

Kebijakan tersebut berdampak ke dunia pendidikan yang mengharuskan para murid untuk belajar di rumah dengan metode online. Namun tidak semua anak dan guru bisa menggunakan metode online.



Seorang guru bernama Avan Fathurahman dari SDN 3 Batu Putih Laok 3 Sumenep, Madura, menceritakan perjuangannya saat harus tetap mengajar di tengah pandemik Corona.

Ia rela mendatangi rumah siswanya satu per satu, bahkan dengan jarak tempuh yang sangat jauh. Hal itu dilakukan karena keterbatasan teknologi yang dimilikinya dan para siswanya. Dengan ketulusan hati, Avan rela berkeliling ke rumah siswa yang jaraknya tidak saling berdekatan. Kegiatan tersebut dilakukannya tiga kali dalam seminggu.



Avan sadar cara yang dilakukan ini melanggar kebijakan pemerintah tentang keharusan untuk tetap di rumah. Namun membiarkan para muridnya belajar tanpa pengawasan membuat hatinya tidak nyaman. Apalagi para wali murid tidak selalu bisa mendampingi anak-anaknya belajar. Mereka harus bekerja di ladang atau memanen padi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tugas yang diemban Avan sedikit ringan dengan adanya edukasi di TVRI yang menyediakan saluran pembelajaran di rumah. Walaupun ada metode seperti itu, Avan masih merasa miris dengan keadaan keluarga muridnya yang tidak mempunyai televisi di rumah.



″Saya menemani anak-anak itu kurang lebih 25 menit sampai maksimal 30 menit, tapi ada juga yang lebih. Kadang saat mereka belajar, tingkat penyerapan siswa tidak sama. Ada yang lambat, ada yang cepat,″ jelas Avan.

Avan ingin semuanya bisa berjalan dengan baik dan tidak ada kesenjangan dalam menerima pendidikan. Avan juga mengimbau kepada murid dan wali murid untuk belajar di rumah dengan menggunakan buku-buku pelajaran yang telah dipinjamkan dari pihak sekolah.