Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Ragam Peran TNI Dalam Hadapi Pandemi
2 Months, 6 Days ago

Ragam Peran TNI Dalam Hadapi Pandemi

Selama Ramadhan, Kodim 1417 Kendari menyiapkan menu makanan dengan harga yang sangat terjangkau untuk membantu meringankan beban warga di tengah pandemi. Diberi nama Warung Ramadhan, pihak Kodim menyiapkan tiga jenis menu makanan, diantaranya nasi daging telur, nasi ayam telur, dan nasi ikan telur yang masing-masing dipatok seharga Rp2.000 saja.

Warung yang dikelola oleh Persit (persatuan istri tentara) ini, buka tiap hari selama Ramadhan sejak pukul 3 sore hingga menjelang waktu berbuka puasa di koperasi Kartika Hasanuddin Mako Kodim Kendari. Kodim 1417 Kendari menyiapkan sebanyak 100 paket setiap harinya.



Warga yang antre untuk membeli tetap diperlakukan sesuai protokol kesehatan COVID-19, seperti memakai masker serta dan mencuci tangan sebelum mengambil paket.

warung



Peran serta TNI dalam menghadapi pandemi Corona ini juga ditunjukkan oleh Detasemen Peralatan IV/4 Surakarta. yang bekerjasama dengan Korem 074 Warastratama. Mereka membuat alat pelindung diri (APD) berupa pelindung wajah.

Danrem 074 Warastratama, Brigjen TNI Rafael Granada Baay, mengungkapkan ia berinisiatif memproduksi APD sendiri untuk dibagikan kepada satuan jajaran Korem 074 Warastratama, rumah sakit umum, dan instansi pemerintah yang membutuhkan.



Pembuatan APD melibatkan sekitar 20 personel yang mengerjakan proses awal hingga pengemasan. Aktivitas ini sudah berlangsung selama semingg. Dalam sehari sedikitnya 100 APD dapat diproduksi.

Selain pelindung wajah, para prajurit juga telah membuat tempat cuci tangan portable berdesain khusus yang tidak perlu menggunakan tangan, cukup diinjak dengan kaki.