Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Akademi Edukreator, Wadah Pelatihan Pembuatan Konten Edukasi Berkualitas.
2 Months, 1 Week ago

Akademi Edukreator, Wadah Pelatihan Pembuatan Konten Edukasi Berkualitas.

Pandemi COVID-19 membuat metode belajar beralih secara online. Pendidik dituntut memberikan berbagai inovasi dalam menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini membuat meningkatnya kebutuhan terhadap konten edukasi.



YouTube mencatat, rata-rata penayangan harian video dengan tagar #belajar dari rumah, secara global meningkat lebih dari 120% sejak Maret 2020. Namun konten edukasi digital yang berkualitas di internet masih sangat terbatas dibandingkan konten lain.



Menjawab hal ini, pada Selasa (5/5), platform media edukasi Kok Bisa memperkenalkan Akademi Edukreator. Gerakan ini menjadi wadah untuk menginspirasi dan melatih pembuat konten profesional agar menghasilkan video edukasi berkualitas tinggi secara gratis. Caranya adalah dengan memberikan mereka pengetahuan dan praktik terbaik di YouTube. Akademi Edukreator didukung oleh YouTube Learning, LIPI, Yayasan Semua Murid Semua Guru dan Kemendikbud.



Kelas terbagi dua, pertama kelas umum yang akan membahas bagaimana memanfaatkan konten YouTube untuk pembelajaran. Sedangkan yang kedua kelas akselerasi. Sekelas nantinya ada sekitar 20 orang dengan lima kelompok.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berharap para kreator bisa memberikan berkualitas namun tetap menghibur dan memperhatikan kearifan lokal. Kemdikbud akan melakukan kurasi dari sisi kebenaran materi dan tingkat relevansi antara konten dengan materi.