Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Di Prakerja.org Pelatihan Online Tidak Perlu Bayar
1 Month, 2 Weeks ago

Di Prakerja.org Pelatihan Online Tidak Perlu Bayar



Program Kartu Prakerja resmi diluncurkan pemerintah pada Maret 2020. Awalnya program ini dirancang untuk menambah keterampilan tenaga kerja bagi pekerja yang terkena PHK dan ingin mencari pekerjaan baru.



Kartu Prakerja menggunakan metode pelatihan dan tatap muka. Namun akibat pandemi, mengubah konsep awal tersebut. Salah satu bentuk penyesuaian yang dilakukan adalah mengubah bentuk pelatihan menjadi online. Materinya disediakan oleh beberapa perusahaan startup. Jumlah peserta meningkat menjadi 5,6 juta orang. Akibatnya total dana yang dibutuhkan meningkat menjadi 20 triliun rupiah.



Disinilah masalah pada Kartu Prakerja bermunculan. Banyak yang berpendapat materi online-nya tidak tepat sasaran. Salah satunya datang dari Andri W. Kusuma.

Melihat banyaknya masalah pada program Prakerja, Andri bersama dengan 25 orang kolega mengembangkan situs prakerja.org yang mirip dengan situs Prakerja resmi. Materi situs ini mirip dengan situs Prakerja resmi yaitu menawarkan pelatihan online. Bedanya, Andri mengklaim materi yang ada di situs ini lebih pas dengan kondisi saat ini. Peserta tidak perlu mendaftar dan tidak dipungut biaya apapun.

Andri tidak menemukan masalah operasional karena banyak kreator konten yang memberikan materi secara cuma-cuma. Dalam waktu tiga hari sejak diluncurkan, prakerja.org diklaim telah dikunjungi oleh 22.000 pengguna. Meski demikian Andri tidak ingin dianggap bersaing dengan pemerintah. Dia hanya ingin memberikan kritik bahwa membuat program pelatihan online tidak perlu menghabiskan banyak anggaran.