Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Pro-Kontra Pembukaan Sekolah Pada Juli 2020
1 Month, 1 Week ago

Pro-Kontra Pembukaan Sekolah Pada Juli 2020

Kenormalan baru yang digaungkan pemerintah akan mengatur kegiatan masyarakat yang akan dibuka lagi, mulai dari perekonomian hingga pendidikan.



Namun kecemasan pun mulai dirasakan masyarakat khususnya para orang tua jika kegiatan belajar mengajar di sekolah dibuka kembali pada tahun ajaran baru Juli 2020.

Setidaknya ada dua petisi yang muncul di media sosial yang meminta pemerintah menunda pembukaan sekolah di tengah pandemi. Melalui laman change.org, petisi yang ditujukan untuk Presiden Joko Widodo ini menuliskan sejumlah fakta yang terjadi di negara lain saat sekolah dibuka kembali. Puluhan siswa TK dan SD terpapar COVID-19. Petisi lainnya menunjukkan sekolah di Korea Selatan dimana anak-anak lengkap menggunakan penutup wajah dan duduk menjaga jarak. Kedua petisi ini sudah didukung oleh puluhan ribu tanda tangan.



petisi



Komisi Perlindungan Anak Indonesia berencana mengadakan survei untuk orang tua, guru, dan anak sebagai responden untuk mengetahui pandangan mereka soal rencana pembukaan kembali sekolah. Survei akan lakukan pada akhir Mei hingga awal Juni 2020.

Namun baru-baru ini survei uji coba telah dilakukan oleh Komisioner KPAI bidang pendidikan, Retno Listyarti, melalui Facebook. Sekitar 71 persen responden tidak setuju sekolah dibuka pada Juli 2020 dengan alasan keselamatan anak-anak dan para guru. Adapun 20% responden menyatakan setuju dengan alasan sudah jenuh belajar di rumah dan keterbatasan peralatan termasuk kuota Internet