Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Penjelasan dan Syarat Ikut Tapera
1 Month, 3 Weeks ago

Penjelasan dan Syarat Ikut Tapera

Pada tahun 2021, program nasional Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) rencananya akan dimulai guna memenuhi kebutuhan rumah bagi kaum pekerja.



Berdasarkan PP nomor 25 tahun 2020 tentang penyelenggaraan Tapera, program ini wajib diikuti oleh seluruh pekerja yang memiliki gaji minimal setara UMK. Yang dimaksud pekerja adalah PNS atau karyawan swasta, pekerja tetap atau pekerja lepas, WNI atau WNA.

Peserta Tapera akan diwajibkan membayar iuran sebesar 3% dari gaji. Untuk pekerja kantoran 0,5% akan ditanggung kantor, sisa 2,5% akan dipotong otomatis dari gaji. Untuk pekerja lepas wajib menyetor sendiri ke badan pengelola Tapera tiap bulannya.



Tapi ini yang harus diingat, menjadi peserta Tapera bukan langsung otomatis mendapatkan rumah baru. Sebab ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan pembiayaan dari program ini sebagaimana yang tertulis dalam peraturan pemerintah.

Bagi badan usaha yang lalai dalam menyetorkan iuran Tapera pegawainya, akan mendapat teguran hingga pencabutan izin usaha. Bagi para pekerja lepas yang terlambat menyetor iuran secara mandiri, sanksinya mulai dari teguran sampai denda administratif.



Di akhir masa keanggotaan, peserta dapat mencairkan dana Tapera yang telah disetor selama bekerja berikut bunganya dengan syarat sebagai berikut:

1. Telah pensiun bagi pekerja
2. Telah mencapai usia 58 tahun bagi pekerja mandiri
3. Meninggal dunia
4. Tidak memenuhi lagi kriteria sebagai peserta selama 5 tahun berturut-turut.