Oomph Logo
 

  Video Terbaru


(English subs) 5 Free Best Accessibility Apps 2018
VDar | Aksesibilitas



Video ini merupakan ulasan software aksesibilitas terbaik di tahun 2018. Ada beberapa cara dalam proses pemilihan. Baik dilihat dari sistem pengembangannya, kegunaannya, dan lain-lain. Pilihan itu juga bersifat subyektif versi Channel VDar. Berikut deskripsinya. Catatan: Kelima aplikasi diuji dengan menggunakan ponsel Samsung Galaxy Note FE atau Fan Edition, yang memiliki versi Android 8.0 atau Oreo.

1. Android Accessibility Suite Kategori: Tool, Screenreader Ukuran: 16MB OS: Android Developer/Publisher: Google LLC Web: - Aplikasi Talkback menghilang dari Google Play atau yang sebelumnya dikenal dengan Play Store? Tidak! Bukan. Pihak Google merubah nama aplikasi Talkback menjadi Android Accessibility Suite. Mengapa? Karena, sesuai namanya aplikasi ini dikemas bukan hanya bagi pengguna Android tunanetra namun juga teman-teman penyandang difabel lainnya. Semua dikemas ke dalam 1 aplikasi utama. Karena itu, aplikasi ini memiliki sebutan "Suite". Jadi, jangan lagi kuatir aplikasi Talkback dihapus, yah. Malah saat ini semakin bagus dan memiliki banyak fitur. Download: https://play.google.com/store/apps/de...

2. Google Text-to-Speech Kategori: Tool, Screenreader Ukuran: 62MB OS: Android Developer/Publisher: Google LLC Web: - Pihak Google sudah menyediakan sebauh screenreader yang serupa dengan Talkback. Meski tidak sama namun aplikasi ini dapat digunakan dalam keadaan daruat. Misal, ketika kamu pertama membeli ponsel yang sudha pasti belum ada Vocalizer-nya atau Damayanti. Aplikasi ini sudah mencakup banyak bahasa termasuk bahasa Indonesia. Kelemahannya, pada beberapa bahasa, aplikasi membutuhkan koneksi internet.
Download: https://play.google.com/store/apps/de...

3. Messages 3.7.052 Kategori: Komunikasi, Pesan, SMS Ukuran: 80MB OS: Android Developer/Publisher: Google LLC Web: - Messages merupakan sebuah aplikasi yang dapat kamu gunakan sebagi pengganti aplikasi SMS kamu yang tidak aksesibel atau tidak terbaca oleh screenreader. Aplikasi keluaran Google ini juga dapat kamu gunakan untuk berkirim MMS. Dan, yang terpenting, aplikasi ini gratis. Tampilannya sederhana dan mudah kamu pahami.
Download: http://play.google.com/store/apps/det...

4. Gboard – the Google Keyboard Kategori: Tool, Virtual Keyboard Ukuran: 87MB OS: Android Developer/Publisher: Google LLC Web: - Keunikan aplikasi yang satu ini adalah kemampuannya untuk mempermudah proses pengetikan. Teman-teman difable tinggal melakukan ketuk sekali untuk mengetahui huruf apa yang tengah ditekan, lalu melepasnya untuk langsung mengetikkan huruf tersebut. Tidak seperti keyboard kebanyakan lainnya yang perlu untuk mengetuk dua kali terlebih dahulu.
Download: https://play.google.com/store/apps/de...

5. DW Contacts & Phone & Dialer Kategori: Komunikasi, Telepon, VoIP, Kontak Ukuran: 21MB OS: Android Developer/Publisher: DWP Web: blog.dw-p.net Aplikasi yang satu ini merupakan sebuah aplikasi pengganti bagi aplikasi telepon bawaan ponsel. Jika aplikasi telepon di Android kamu tidak dapat terbaca dengan baik oleh screenreader, maka gunakan yang satu ini. Pada versi gratis aplikasi terdapat ads atau iklan. Namun, kamu tetap dapat menggunakannya. DW Contacts terintegrasi dengan kontak yang ada di ponsel kamu.
Download: https://play.google.com/store/apps/de...